Kompas TV regional berita daerah

Lonjakan Pasien Covid-19 Di Zona Merah Kutai Kartanegara

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 01:56 WIB

TENGGARONG, KOMPAS.TV - Upaya percepatan penanggulangan penyebaran virus corona atau covid-19 terus dilakukan tim satgas covid-19 Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Selain melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sterilisasi atau penyemprotan cairan desinfektan tim gugus juga sedang menjalani rapid tes massal disejumlah lokasi secara acak.

Sasaran rapid tes massal untuk tahap awal dilakukan untuk para pelajar hingga mahasiswa, apalagi pelajar dan mahasiswa yang baru datang dari luar kota.

Pada tahap berikutnya adalah warga yang datang dari luar kota dan luar negeri dengan berbagai kepentingan juga di lakukan rapid tess missal.

Pasalnya, dari data tim gugus covid-19 hampir sebagian besar yang terpapar virus corona berasal dari luar Kutai Kartanegara atau baru saja kembali dari bepergian di luar kota. Tidak heran, dalam sepekan terakhir sejumlah kluster langsung bermunculan, yang terakhr adalah kluster kelompok senam.

Kutai Kartanegara kini memasuki transmisi lokal penyebaran covid-19. Untuk itu, pemerintah menghimbau agar seluruh masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan.

Sementara, pelaku usaha di Kutai Kartanegara juga menyarankan agar seluruh pekerjanya yang berasal dari luar Kukar, wajib memiliki surat bebas covid-19 yang diterbitkan oleh tim kesehatan gugus covid daerah asal dan menjalani karantina di Kukar sesuai waktu yang ditentukan tim medis gugus covid-19 Kukar.

Dari data terakhir tercatat 66 kini menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan covid-19. Sementara itu 1 pasien meninggal dengan kondisi positif covid-19 dengan memiliki riwayat penyakit bawaan.

#ProtokolKesehatan#ZonaMerah#TransmisiLokal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x