Kompas TV regional berita daerah

Titik Panas Muncul Di 8 Wilayah Sumsel

Kompas.tv - 22 Juli 2020, 11:47 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG,KOMPAS.TV-Memasuki musim kemarau, sebaran titik panas di Sumatera Selatan meluas. Sebaran titik panas muncul di 8 wilayah di provinsi itu.

Pantauan terakhir Satgas Karhutla Sumsel, sebaran titik panas muncul di Penukal Abab Lematang Ilir, Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, OKU Timur, Muara Enim, Empat Lawang, Lahat dan Pagaralam, dengan potensi terbakar sedang, berkisar 30 hingga 79 persen dan belum ada sebaran asap.

Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Sumsel, Ansori, menerangkan munculnya titik panas ini, akibat Sumsel memasuki musim kemarau yang diprediksi Agustus nanti, yang menyebabkan lahan mulai kering, dan bertambahnya satelit pemantau titik panas.

Dengan sebaran titik panas yang meluas di beberapa wilayah, modifikasi cuaca dilakukan setiap hari hingga batasan waktu, untuk pembasahan lahan.

Satgas Karhutla Sumsel telah menyiagakan posko di 10 wilayah kabupaten-kota yang menjadi fokus penanganan Karhutla tahun ini, dengan personil gabungan dan peralatan pemadaman darat maupun udara.

Sebaran titik panas ini muncul fluktuatif di lahan gambut dan mineral. Diprediksi, musim kemarau Sumsel berlangsung singkat sepanjang Agustus.

#karhutla #titikpanas #sumsel



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x