Kompas TV regional berita daerah

Guru Mengajar Melalui Siaran Radio

Kompas.tv - 21 Juli 2020, 23:55 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Para guru sekolah dasar di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, mempunyai cara unik dalam rangka mengajar jarak jauh dengan para murid. Mereka memanfaatkan radio komunitas untuk kegiatan belajar-mengajar, karena tidak semua murid memiliki ponsel pintar yang sesuai untuk pembelajaran secara daring atau online.

Seperti mengajar di depan kelas, Kusnaini, guru SD Negeri 01 Tegalontar, Sragi, Kabupaten Pekalongan membacakan materi pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas 5. Di depan mik radio komunitas yang ada di sekitar sekolah dasar itu, dengan cekatan guru kelas memberikan materi hingga soal-soal ulangan untuk para muridnya.

Pembelajaran dengan radio itu dilakukan setiap hari, yaitu masing-masing guru harus bersiaran masing-masing 30 menit. Dari pukul 10 pagi hingga menjelang sore. Materi yang disiarkan pun bergantian, yakni materi dari kelas 2 SD sampai kelas 6 SD.

Tidak hanya siaran langsung, ketika para guru menerangkan materi, seorang operator akan merekamnya. Nantinya rekaman guru yang mengajar pada hari itu akan disiarkan kembali pada sore hari untuk mengantisipasi murid yang tidak ikut belajar.

Ide mengajar dengan radio muncul pertama kali, karena banyak murid yang tak miliki ponsel pintar yang sesuai, dan tak miliki kuota internet untuk mengikuti pelajaran secara daring atau online. Hingga kini proses belajar-mengajar menggunakan radio komunitas ini sudah berjalan selama 3 pekan, dan tidak dipungut biaya.

Meski pembelajaran dengan media radio, para siswa tetap menggunakan seragam sekolah ketika mendengarkan guru mengajar. Mereka yang tidak mempunyai radio biasanya ke rumah siswa untuk mendengarkan secara bersama-sama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x