Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa Polines Buat Robot Perawat Pasien Corona

Kompas.tv - 21 Juli 2020, 12:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk mengantisipasi tenaga medis yang meninggal dunia akibat Covid-19, sejumlah mahasiswa Politeknik Negeri Semarang atau Polines membuat robot medis. Robot yang terbuat dari rak makanan stainlees ini diberi nama Rama (Robot Asisten Medis Autonomus)

Perwakilan tim robotik Polines, Abbas Kiarostami Permana, mengatakan, ide membuat robot ini muncul sebagai bentuk keprihatinan mahasiswa Polines dengan banyaknya korban Covid-19 dari tenaga medis. sehingga mereka membuat robot ini.

Dengan adanya robot ini, bisa mengurangi kontak langsung antara tenaga medis dengan pasien. Sehingga menghindarkan resiko tenaga medis tertular Covid - 19 atau penyakit menular berbahaya lainnya.

Robot ini bisa mengangkut beban maksimal 20 kilogram. Namun masih akan dikembangkan lagi menyesuaikan kebutuhan setiap rumah sakit yang akan menggunakannya.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengapresiasi para mahasiswa yang ingin berkontribusi terhadap penanganan Covid-19. Sebab dengan robot ini bisa meminimalisir kontak antara tenaga medis dengan pasien.

Namun, masih perlu banyak pengembangan dari robot ini agar bisa lebih fleksibel. Gubernur Jawa Tengah mengaku mendukung robot medis ini, agar karya anak bangsa terus mendapat ruang.

#GanjarPranowo #RobotMedis #Polines

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x