Kompas TV regional berita daerah

Deportasi Puluhan Pelaku Ilegal Fishing Asal Philipina

Kompas.tv - 20 Juli 2020, 18:15 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV - Rumah Detensi Imigrasi Manado melakukan deportasi terhadap 53 warga filipina, yang mayoritas berprofesi nelayan. mereka sebelumnya ditangkap petugas psdkp karena melakukan aktifitas tangkap ikan ilegal di wilayah perairan Sulawesi Utara.

Melanggar aturan keimigrasian, sebanyak 53 warga Filipina dipulangkan dari Manado, Sulawesi Utara ke negara asalnya.  proses deportasi terhadap puluhan warga asing ini dilakukan oleh rumah detensi imigrasi Manado, pada Jumat siang 17 Juli 2020.

Sebagian besar warga filipina yang dideportasi ini adalah para nelayan pelaku ilegal fishing.

Mereka ditangkap petugas pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan –psdkp- saat melakukan aktifitas tangkap ikan tanpa dilengkapi dokumen,  di wilayah perairan sangihe dan bitung.

Proses deportasi ini diharapkan memberi efek jera kepada warga Filipina lainnya untuk tidak melakukan ilegal fishing dan pelanggaran keimigrasian di Indonesia.

Beberapa warga filipina yang dideportasi  ini mengaku sudah puluhan tahun berada di Indonesia. mereka mengaku betah tinggal di Indonesia,  karena dianggap lebih mudah untuk mencari nafkah.

Proses pemulangan terhadap puluhan warga Filipina ini dengan menggunakan pesawat melalui Bandara Sam Ratulangi,  Manado.

#kompastvmanado #deportasi #ilegalfishing #philipina

YONGKE LONDA KOMPAS TV MANADO

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 48 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x