Kompas TV regional berita daerah

Kerajinan Pot Tempurung Laris Di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 17 Juli 2020, 14:45 WIB
Penulis : KompasTV Manado

Manado, Kompas.tv-Akibat lesunya sektor Pariwisata, seorang Pemandu Wisata di Kota Manado Sulawesi Utara beralih profesi menjadi Pengrajin Pot Bunga berbahan Tempurung. Di tengah Pandemi COVID-19 saat ini, usaha kerajinannya justru berkembang pesat hingga menghasilkan Belasan Juta Rupiah dalam sebulan.

Dari rumahnya yang asri di kelurahan Tongkeina, Kota manado, Henry Johanis bersama istrinya memulai usaha pembuatan Pot bunga berbahan Tempurung Kelapa. 

Usaha kerajinan tangan ini sebenarnya telah dirintis sejak 2018 silam, namun hanya sebatas hobi di tengah profesi utamanya sebagai Pemandu wisata.

Lesunya industri Pariwisata akibat pandemic Corona pada awal tahun ini, memaksanya mencari alternatif mata pencaharian lain agar bisa bertahan hidup.

Ia pun kembali menekuni usaha kerajinan pot bunga tempurung. berbekal ketrampilan yang dipelajarinya dari internet, Henry bisa menghasilkan 50 pot bunga berbagai ukuran dalam sehari.

Pot tempurung buatan tangan Henry terdiri dari berbagai jenis diantaranya Pot cangkir, Pot meja, dan Pot gantung. Salah satu keunikan Pot ini adalah Motif Ukiran dan tekstur kasar tempurung yang sengaja dipertahankan agar memberi kesan natural.

NONTON JUGA : https://www.youtube.com/watch?v=OxAvAHCKQqM

Ia tak menyangka hasil kerajinannya mendapat respon positif saat dipasarkan melalui Media sosial. Pot Tempurung unik karyanya dibanjiri pesanan yang mayoritas adalah pemesan dari dalam Kota.

Pot ini dijual paketan dengan berbagai jenis tanaman, seperti Kaktus, Sansivier, Chalatea zebrina dan Lovely hoya.

Dengan harga jual di kisaran 25 Ribu hingga 100 Ribu Rupiah per paket, ia meraup keuntungan hingga Belasan Juta tiap bulan.

Larisnya usaha kerajinan Pot ini tak lepas dari munculnya hobi baru di tengah Pandemi, yakni hobi merawat bunga.

Dengan profesi barunya, Henry bersama keluarga kini bisa bernafas lega karena mampu bertahan di tengah keterpurukan ekonomi akibat Pandemi COVID-19.

Ia bahkan mengajak warga di sekitarnya untuk membuat kelompok kerajinan tangan. Melalui kelompok ini ia berharap warga bisa menghasilkan kerajinan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

#kompastvmanado #kerajinantangan #tempurungkelapa  

Yongke Londa Kompas tv Manado

 

Jangan Lupa juga untuk Follow & Subscribe

FB : KOMPASTV MANADO

YT : KOMPASTV MANADO https://www.youtube.com/channel/UCb42zFy64SyII10mfIVEgzg/featured

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x