Kompas TV regional berita daerah

Tertular Pasien Covid-19, Seorang Perawat Puskesmas Meninggal Dunia

Kompas.tv - 15 Juli 2020, 20:37 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV – Seorang tenaga kesehatan di Kota Probolinggo Jawa Timur meninggal dunia setelah terpapar virus corona pada Senin (13/07).

Tenaga kesehatan tersebut adalah Sujoko Lugiamanto, usia 52 tahun, warga Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Ia merupakan seorang perawat, yang berdinas di Puskesmas Ketapang Kota Probolinggo. Perawat senior tersebut sempat dirawat selama satu pekan di rumah sakit Dokter Mohamad Saleh Kota Probolinggo.

Ia diduga tertular virus corona saat menangani pasien Covid- 19, yang merupakan karyawan pabrik kayu ekspor.

Baca Juga: Empat Tenaga Kesehatan Gugur di Probolinggo

Pelepasan jenazah diwarnai tangis haru para teman seprofesinya. Rekan korban merasa kehilangan, karena korban dikenal sangat baik dan ramah semasa hidup.

Salah satu teman korban, Ina Asari mengaku sering diberi masukan dan saran selama bekerja. Korban juga sering membantu perawat lainnya, yang sedang kesusahan.

Wali Kota sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin turut hadir saat pelepasan jenazah Sujoko Lugiamanto. Ia menyatakan perawat yang meninggal karena menangani pasien Covid-19 adalah pahlawan. Karena mereka rela berkorban demi menyembuhkan orang lain.

Baca Juga: Total 334 Perawat Terpapar Covid-19 di Jawa Timur

Jenazah Sujoko Lugiamanto selanjutnya dimakamkan di pemakaman khusus, yang telah disediakan oleh pemerintah setempat.

Untuk mencegah penularan virus corona, puskesmas tempat korban bekerja diliburkan selama 10 hari. Tim Gugus Tugas juga melakukan tes cepat dan swab kepada sejumlah orang, yang pernah kontak langsung dengan korban.

Hingga kini, jumlah pasien positif Covid- 19 di Kota Probolinggo mencapai 133 orang. 63 pasien masih dirawat dan 65 orang dinyatakan sembuh, sedangkan 4 pasien meninggal dunia.

 

#Perawat #TenagaKesehatan #Puskesmas #Covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x