Kompas TV regional berita daerah

Terdampak Pandemi Covid-19, Ribuan Warga Lansia Dapat Bantuan Makan

Kompas.tv - 10 Juli 2020, 14:24 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur menyalurkan bantuan dalam bentuk makan gratis tiga kali sehari untuk ribuan warga lanjut usia, yang tidak produktif lagi di tengah pandemi Covid-19.

Total ada 1.060 warga lansia, yang mendapatkan mendapat bantuan makan tiga kali sehari. Mereka tersebar di 31 Kecamatan di Kabupaten Jember.

Penerima bantuan merasa terbantu, karena mereka tak perlu lagi memikirkan kebutuhan makan sehari-hari selama pandemi Covid-19.

Salah satu penerima bantuan, Rohanah mengaku senang dengan adanya bantuan tersebut, karena dirinya tak perlu lagi bersusah payah mencari makan.

Baca Juga: Pekerja Transportasi Terdampak Covid-19 Dapat Bantuan

Bantuan makan juga melibatkan sejumlah pengusaha katering, yang selama ini juga terdampak pandemi Covid- 19. Pengusaha katering mendapat pesanan untuk menyiapkan makanan tersebut, sehingga mereka mendapatkan pemasukan di tengah pandemi.

Pemilik katering bertugas untuk mengolah makanan, yang berasal dari bahan makanan mengandung gizi dan nutrisi. Makanan yang disajikan juga harus bersih dan mengandung 4 sehat 5 sempurna.

Mereka diharuskan menjaga kebersihan makanan, mulai dari memasak, mengemas dan menyajikan, sehingga terhindar dari paparan virus corona.

Salah satu pengusaha katering, bernama Salimah merasa senang dengan program tersebut, karena usaha katering miliknya kembali bergeliat.

Baca Juga: Bantuan Untuk Santri Tidak Mudik dan Warga Cacat Berat

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Jember, Gatot Triyono mengatakan penerima bantuan sudah melalui tahap seleksi ketat agar bantuan tidak salah sasaran.  

Kategori penerima bantuan adalah lansia tidak produktif, tidak memilik penghasilan tetap dan ada ketergantungan bantuan makan dari orang lain.

Bantuan tersebut akan diberikan selama 3 bulan dengan menggunakan Alokasi Dana Belanja Tidak Langsung Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Jember.

 

#PemkabJember #BantuanMakan #WargaLanjutUsia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x