Kompas TV regional berita daerah

Kantor Imigrasi Pantau Pekerja Asing

Kompas.tv - 9 Juli 2020, 23:49 WIB

BATANG, KOMPAS.TV - Pemantauan terhadap orang asing dilakukan oleh tim dari imigrasi Pemalang, Jawa Tengah dengan badan kesatuan bangsa politik Batang juga kodim dan kejaksaan setempat. sejumlah lokasi didatangi tim gabungan ini, seperti proyek pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU Batang, juga beberapa perusahaan lain yang mempekerjakan orang asing.

Dari 400 orang asing di Batang, saat ini hanya puluhan saja yang  bekerja, karena sebagian besar belum kembali dari negaranya karena pandemi Covid-19. Di sejumlah pabrik petugas gabungan mengecek dokumen para pekerja asing, dari mulai paspor, dan ijin tinggal. Pihak imigrasi bersama tim gabungan ini meminta agar seluruh orang asing melaporkan diri juga memberikan dokumennya saat datang dan bekerja di indonesia.

Kepala badan Kesbangpol, Handi Hakim menyebutkan pihaknya selama ini terus melakukan pemantauan orang asing. Namun kadang data yang diebrikan tidak pasti sehingga kesulitan untuk penagwasan.

Fitra Izharry, kasi inteljen dan penindakan imigrasi Pemalang menyebutkan pamtauan orang asing ini terus dilakukan terutama di daerah Batang, karena paling banyak ada pekerja asing di PLTU tersebut.

Dari hasil pemantauan, tidak ada kendala dan data semua orang asing juga sudah diminta.  Diharapkan untuk para pekerja asing, aktif melaporkan keberadaanya dan meberikan dokumen resmi agar tidak terjadi pelanggaran.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x