Kompas TV regional berita daerah

RS Pulau Galang Siap Terima Pasien Corona, Khofifah: Jika RS di Jatim Penuh

Kompas.tv - 4 Juli 2020, 12:02 WIB
Penulis : Reny Mardika

KOMPAS.TV - Rumah Sakit khusus infeksi Covid-19, Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, siap menerima pasien Covid-19 asal Jawa Timur.

Persiapan RSKI Pulau Galang sudah mencapai 100 persen untuk menampung pasien Covid-19 dari sejumlah daerah.

Hal ini langsung dikatakan oleh Kepala Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19, Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Kolonel CKM Khairul Ihsan, saat ditemui pada Jumat (03/07/2020) petang.

"Kita siap menerima kapanpun diberangkatkan dari Surabaya, kondisi kita sudah siap. Karena memang rumah sakit kita selalu siap kondisi apapun menerima pasien dari manapun," katanya.

Menurutnya, secara teknis di RSKI Pulau Galang, sejauh ini tidak ada kendala dan siap menerima, pasien Covid-19 asal Jawa Timur dan daerah lain yang akan dibawa ke RSKI Pulau Galang.

Saat ini di RSKI Pulau Galang sedang merawat 92 orang pasien dari sejumlah daerah di Provinsi Kepulauan Riau dengan kapasitas 360 ruangan, masih ada sisa 170 ruangan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terus berkoordinasi dengan Pangkogabwilhan II sebagai Koordinator Tim Khusus Penanganan Covid-19 sesuai instruksi presiden terkait wacana pemindahan pasien positif Covid-19 ke Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Khofifah mengatakan wacana itu bisa saja terealisasi jika rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Timur telah penuh.

"Siapa PIC dari masing-masing rumah sakit rujukan. Kalau sudah ketemu PIC nya, dialah yang bertanggungjawab atas input data real time. Jadi, semua berharap bahwa kecepatan, kecermatan, dan ketepatan. Karena makin cepat dirawat maka akan cepat sembuh," kata Khofifah.

Khofifah menyebut pasien dengan kondisi ringan dan sedang yang akan dikirim ke RSKI Corona Pulau Galang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x