Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Anggota TNI Kodim 0824 Jember Tes Urine, Ada Apa?

Kompas.tv - 30 Juni 2020, 19:38 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Anggota TNI di Komando Distrik Militer 0824 Jember Jawa Timur mengikuti tes urine pada Senin (29/06). Selain anggota TNI, puluhan Pegawai Negeri Sipil yang berdinas di Kodim 0824 Jember juga dites urine.                                        

Total keseluruhan yang dites urine ada 50 orang. Tes urine digelar di Markas Komando Distrik Militer 0824 Jember.

Pelaksanaan tes urine dilakukan tiap 3 bulan sekali, namun waktu pelaksanaan kali ini dilakukan secara acak dan mendadak, tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Baca Juga: Wanti-Wanti Sri Mulyani pada ASN: Tak Ada Kompromi dengan Penyalahgunaan Narkoba

Ada petugas khusus yang mengawasi secara ketat tahapan tes urine, mulai mengawasi pendataan identitas, proses pengambilan air seni, hingga pemeriksaan oleh tim medis.

Tes urine untuk menguji adanya enam kandungan zat dalam urine, yakni kandungan heroin, kokain, avethamin, marijuana, benzuat dan ekstasi.

Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf. La Ode Muhammad Noerdin mengatakan kegiatan ini untuk memberantas pemakaian dan penggunaan narkoba di kalangan Anggota TNI di Kesatuannya, serta untuk mewujudkan bersih narkoba di kesatuan TNI.

Baca Juga: Konser Amal bersama BNN, Slank Ungkap Alasan Jauhi Narkoba!

Dalam pelaksanaan tes urine kali ini, tidak ditemukan Anggota TNI maupun Pegawai Negeri Sipil, yang positif narkoba.

Namun jika sewaktu-waktu ada Anggota TNI yang terbukti menyalahgunakan narkoba, maka akan diberikan sanksi tegas, salah satunya pemberhentian secara tidak hormat dari kesatuan.

#TesUrine #TniAd #Narkoba



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x