Kompas TV regional berita daerah

BMKG : Curah Hujan Tinggi Masih Terjadi di Sulawesi Tengah

Kompas.tv - 27 Juni 2020, 22:18 WIB
Penulis : KompasTV Palu


PALU, KOMPAS.TV - Dari hasil pemantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Mutiara Palu, selama beberapa pekan ke depan, sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah masih di guyur hujan. Hal ini karena masih ada fenomena kemarau basah di wilayah pulau Sulawesi.


Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Mutiara Palu,  Affan Nugraha Diharsya, menjelaskan beberapa pekan kedepan sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah masih akan diguyur hujan sedang sampai lebat. Hal itu terlihat dari perekembangan awan konfektif yang masih berada di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.


Kondisi ini terjadi karena masih adanya fenomena kemarau basah. Kemarau basah sendiri terjadi karena masih menghangatnya suhu perairan sekitaran pulau sulawesi ditambah angin timuran yang berhembus, padahal di bulan ini secara keseluruhan sudah memasuki musim kemarau.

BMKG juga menghimbau sejumlah wilayah harus mewaspadai curah hujan yang tinggi. dibeberapa titik diperkirakan rawan terjadi banjir dan longsor karena curah hujan yang tinggi selama beberapa pekan.

#KemarauBasah #CurahHujanTinggi #BMKGMutiaraPalu

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x