Kompas TV regional berita daerah

Salah Klik saat PPDB Online, Orang Tua Siswa Datangi Dinas Pendidikan

Kompas.tv - 26 Juni 2020, 10:49 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Pendaftaran Peserta Didik Baru secara online di Kalimantan Barat belum sepenuhnya berjalan mulus. Sejumlah orang tua siswa masih harus beradaptasi ketika mendaftarkan anaknya dengan sistem daring.

Kamis pagi (25/06), sejumlah orang tua mendatangi Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat. Mereka memprotes kebijakan panitia PPDB, karena mereka tidak bisa mengubah data yang telah di-input.

Baca Juga: Sekolah Siapkan Petugas untuk Bantu Pendaftaran via Online

Padahal, mereka mengaku salah klik, ketika memasukkan informasi pada laman pendaftaran. Para orang tua pun gusar, karena anaknya terancam harus belajar di sekolah swasta.

Sementara itu, Ketua Tim PPDB Online Dinas Pendidikan Kalbar, Fatmawati, menyatakan sesuai petunjuk teknis yang ada, jika pendaftar salah klik, maka data otomatis terkunci, dan tidak bisa berubah.

Sehingga peserta didik tersebut terpaksa tidak bisa diterima di SMA maupun SMK Negeri. Mereka pun diarahkan untuk mendaftar ke sekolah swasta.

Baca Juga: Kuota PPDB Online SMA-SMK Negeri di Pontianak Terbatas

Fatmawati mengatakan peristiwa salah klik memang terjadi di sejumlah kategori, seperti pada kategori  jalur pendaftaran, hingga salah klik jalur zonasi.

Akibatnya, sistem pun otomatis akan menolak berkas pendaftaran dari calon siswa yang bersangkutan.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di channel YouTube KompasTV Pontianak.

#PPDB #PPDBOnline #DinasPendidikan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x