Kompas TV regional berita daerah

Klarifikasi Danrem Garuda Mas yang Beri Pangkat Brigjen ke Wali Kota Bengkulu

Kompas.tv - 18 Juni 2020, 14:01 WIB
klarifikasi-danrem-garuda-mas-yang-beri-pangkat-brigjen-ke-wali-kota-bengkulu
Danrem 041 Garuda Emas Bengkulu, Brigjen TNI Yanuar Ali (Sumber: KOMPAS.COM/FIRMANSYAH)
Penulis : Tito Dirhantoro

BENGKULU, KOMPAS TV - Komandan Resor Militer (Danrem) 041 Garuda Mas Bengkulu, Brigjen TNI Yanuar Adil, mengkalrifikasi terkait beredarnya informasi mengenai pemberian pangkat Brigadir Jenderal atau Brigjen kepada Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan.

Dalam keterangannya, Brigjen Yanuar Adil membantah telah menyematkan pangkat bintang satu itu kepada Wali Kota Bengkulu beberapa waktu lalu yang sempat diberitakan sejumlah media.

"Saya mengklarifikasi pemberitaan di media massa dan media sosial yang menyebut Danrem 041 Gamas melantik kepala daerah atau Pak Wali Kota dengan pangkat kehormatan dengan pangkat Brigjen,” kata Yanuar di Bengkulu pada Kamis (18/6/2020).

Baca Juga: Pemkot Bengkulu Usulkan Tenaga Medis Diangkat Menjadi CPNS

Menurutnya, tidak benar dirinya menyematkan bintang satu atau brigjen kepada Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan.

Yang benar, Yanuar melanjutkan, dirinya mengangkat Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan sebagai keluarga besar Korem 041 Gamas Bengkulu. 

“Jadi, sekali lagi saya tegaskan tidak pernah menyematkan bintang satu atau brigjen ke wali Kota Bengkulu tersebut," kata Yanuar.

Yanuar merasa perlu mengkalrifikasi hal ini karena ada pemberitaan di sejumlah media tentang pengangkatan dan pelantikan Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan dengan pangkat brigjen oleh Danrem 041 Bengkulu.

Kepala Penerangan Korem 041/Gamas (Kapenrem) Bengkulu, Kapten Cpm M. Lumban Raja, mengatakan Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan hanya diangkat menjadi warga kehormatan di Korem 041/Gamas Bengkulu.

Baca Juga: Anggota DPR Bandingkan Tuntutan Kasus Novel dengan Penyiraman Air Keras di Bengkulu dan Pekalongan

“Jadi kami luruskan, yang sebenarnya Danrem 041/Gamas mengangkat wali kota menjadi warga kehormatan di Korem 041/Gamas Bengkulu. Penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi Danrem kepada Walikota Bengkulu yang bersinergi dengan TNI dalam membangun Kota Bengkulu,” ucap Lumban.

Selain kepada Wali Kota Bengkulu, kata Lumban, penganugerahan warga kehormatan juga diberikan kepada gubernur dan seluruh kepala daerah lainnya di Provinsi Bengkulu. 

Karena itu, dengan rasa bangganya, Lumban menuturkan, saat silaturahmi dengan wali kota Bengkulu Danrem memberikan kenang-kenangan berupa pin, piagam, dan jaket.

“Intinya Danrem sangat senang dengan Kota Bengkulu ini karena dia lahir di Kota Bengkulu. Ibu nya pun orang Bengkulu. Dia juga bangga karena dedikasi dan sinergi pemerintah dengan TNI sama-sama membangun Kota Bengkulu ini dalam program TMMD,” kata Lumban.

Baca Juga: 37 Tenaga Kesehatan di Bengkulu Terpapar Corona Saat Melepas APD

“Sekali lagi, yang benar adalah Danrem 041/Gamas mengangkat wali kota sebagai warga kehormatan di Korem 041/Gamas kita ini. Karena selama ini kegiatannya banyak bersinergi dengan kodim dalam program TMMD.”

Sebelumnya, sejumlah pemberitaan sempat beredar menyebutkan Danrem 041 Garuda Mas (Gamas) Bengkulu, Brigjen TNI Yanuar Adil menyematkan pangkat Brigjen pada wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan. Belakangan diketahui telah terjadi kesalapahaman dalam hal ini.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x