Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Jember Hemat Anggaran Pilkada 3 Miliar

Kompas.tv - 18 Juni 2020, 11:21 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Dukungan Pemerintah Daerah Jember Jawa Timur kepada Penyelenggara Pilkada mendapat apresiasi dari Kementrian Dalam Negeri.

Atas kinerja tersebut, Bupati Jember, Faida pun diminta menjadi salah satu narasumber untuk berbagi pengalaman terkait dukungan pendanaan Pilkada Serentak Tahun 2020, yang digelar oleh Kemendagri.

Kegiatan tersebut dikemas melalui Webinar dengan tema Dukungan Pendanaan Pilkada Tahun 2020 pada Selasa (16/06).

Ada tiga orang narasumber dalam webinar tersebut, yakni Dirjen Bina Keuangan Daerah, Gubernur Kalimantan Tengah, dan Bupati Jember. Webinar ini diikuti oleh seluruh Kepala Daerah di Indonesia.

Webinar ini penting dilakukan karena di tengah pandemi Covid-19, banyak Daerah lain mengeluh, karena kesulitan keuangan dalam penyelenggaraan pilkada. Namun di Kabupaten Jember justru sebaliknya.

Di Kabupaten Jember, Bupati bersama KPU dan Bawaslu justru mampu merasionalisasi anggaran sehingga bisa hemat 3 miliar. Penghematan terbanyak dari restrukturisasi biaya perjalanan dinas sehingga dapat digunakan untuk penambahan TPS dan kebutuhan lain.

Sedangkan untuk permohonan tambahan anggaran protokol kesehatan, yang diajukan penyelenggara pilkada, Bupati Faida punya strategi lain, yakni dapat diambilkan dari Belanja Tidak Terduga atau BTT, bukan Hibah, sehingga nilai NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) tidak berubah.

#AnggaranPilkadaSerentak #HematAnggaranPilkada #PemkabJember  




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x