Kompas TV regional berita daerah

Sampel Swab Menumpuk Hingga 2700 , BTKLPP Tambah Kapasitas

Kompas.tv - 16 Juni 2020, 16:05 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV -   Tingginya jumlah sampel  swab yang masuk  di laboratorium PCR BTKLPP Manado, yang mencapai  angka 2700 sampel, membuat  balai teknik kesehatan lingkungan dan pengendalian penyakit kelas satu Manado ( BTKLPP) akan kembali menambah kapasitas laboratorum. btklpp kini akan menambah alat microcentrifug untuk mempercepat uji sampel swab.

Berdasarkan informasi tim gugus penanganan Covid-19 Di Sulawesi Utara,  laboratorium PCR yang ada di balai teknik kesehatan lingkungan dan pengendalian penyakit kelas satu Manado ( BTKLPP) kini sudah tidak mampu memeriksa ribuan sampel swab  dari Sulawesi Utara.  Akibat kelebihan kapasitas,   sampel swab yang masih menunggu antrena untuk diperiksa berjumlah 2700 sampel.

Setiap harinya,  rata rata pihak tim gugus tugas membawah sekitar 500 hingga 600 sampel  swab ke btklpp , namun yang bisa diperiksa hari itu juga hanya sekitar 400 sampel. Jadi setiap hari lab pcr menyisahkan  100 lebih sampel swab  untuk di periksa.

Pihak btklpp yang di temui mengatakan, bahwa langkah langkah yang di ambil adalah melakukan penambahan alat  agar bisa menunjang kapasitas yang lebih banyak,  penambahan jadwal shif untuk para petugas  BTKLPP kelas satu Manado, dan bekerja sama dengan pihak balai pom untuk melakukan pemeriksaan hasil swab.

“kami akan menambah kapasitas alat berupa microcentrifug untuk mempercepat proses pemeriksaan serta dapat menambah kuota uji sampel setiap harinya. kami juga sudah mendapat dukungan dari bbpom yang kini sudah bisa melakukan uji swab, “ tandas  Abdul Asiz Hunta,  Kepala Lab BTKLPP Kelas I Manado

Sementara itu,  pihak tim gugus tugas penanganan Covid 19 Sulut juga berencana  akan melakukan penambahan laboratorium PCR agar hasil swab bisa cepat diketahui.

#kompastvmanado #swab #btklppmanado

ALDY PASCOAL  KOMPAS TV MANADO SULAWESI UTARA

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 48 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x