Kompas TV regional berita daerah

Menuju Kampung Mandiri, Tripika Kecamatan Panakukang Perindah Kampung di Kota Makassar

Kompas.tv - 14 Juni 2020, 12:30 WIB
menuju-kampung-mandiri-tripika-kecamatan-panakukang-perindah-kampung-di-kota-makassar
Jauhkan Kesan Kumuh dan Anarkis, Tripika Kecamatan Panakukang Perindah Kampung Pampang Makassar (Sumber: Polsek Panakukang Makassar)
Penulis : KompasTV Makassar


MAKASSAR,KOMPAS TV  - Pasca seringnya terjadi tawuran antar warga di kelurahan pampang dan kampung baru, Polsek Panakukang bersama tripika kecamatan mengajak warga untuk berkreasi untuk memperindah lorong di jalan pampang dan kampung baru di kecamatan panakukang makassar, minggu (14/06/2020).

Seluruh personil Polsek Pankukang bersama Banbinsa koramil 10-PNK dan kecamatan Panakukang mengecat diding sepanjang jalan pampang agar lokasi yang terkenal sering terjadi tawuran itu bisa terlihat indah.

Kesan tentang kampung Pampang  seperti yang Anda bayangkan, tak berlaku di lingkungan kampung pampang ini. Kesan kusam berubah menjadi warna-warni. Kesan lengang hilang berganti dengan keceriaan. Aturan tertutup sudah tidak berlaku lagi. Kampung pampang  ini sudah terlihat lebih bersih, para warga dan tripika kecamatan juga berharap pasca lorong pampang di bersihkan tidak ada lagi tawuran warga atau semacamnya.

“mudah-mudahan setalah dilakukan pembersihan dan pengecetan di lorong pampang dan kampung baru ini tidak ada lagi tawuran, kasian warga disekitar kalau anak muda yang harusnya berkreasi malah sering tawuran karena hal yang tidak penting.” Ungkap Uni Warga Pampang.

Tak berhenti hanya soal kebersihan, warga Pampang  pun mewarnai tembok-tembok jalan, gang, dan spot lain yang bisa diberi lukisan. Jalan masuk gang juga rencananya akan dirias cantik untuk swafoto (selfie).

“rencananya Lukisan di dinding  menggunakan cat semprot untuk melukin dinding jalan dan ada yang memakai cat tembok,” cetus Uni. 

“Beruntung kita punya pak polisi yang humanis, jadi semua yang dilakukan di kelurahan pampang atas inisitif polsek panakukang dan tripika kecamatan panakukang.” Tambahnya.

Hebatnya, gagasan mempercantik komplek ini mendapat sambutan positif dari semua warga. Partisipasi warga, diakuinya, sungguh luar biasa. Bapak-bapak selepas bertugas di sore hingga malam hari saling guyub mengerjakan pekerjaan kampung yang belum selesai. Para ibu juga ikut terlibat menyiapkan segala sesuatunya. Anak-anak kecil pun ikut-ikutan sehingga makin meramaikan suasana.

Jamal Fathur Rakhman yang memberikan intruksi kepada personil polsek panakukang untuk membuat kampung mandiri di keluarahan pamapang yang terkenal sebagai lokasi tawuran langsung di kerjakan oleh seluruh personil dan dibantu oleh warga sekitar.

”pampang itu indah kalau ditata dan diberikan pemahaman kepada generasi muda diwilayah tersebut agar jangan lagi ada tawuran atau perang kelompok. Kita mencoba merangkul mereka dan mengajak kerja bakti untuk memperindah lorong dimana mereka sering berkumpul agar terlihat rapi dan bersih.” Ungkap Kapolsek Panakukang.

Pria Kelahiran subang 1984 ini berharap jika kelurahan pampang setelah dijadikan kampung mandiri tidak ada lagi yang namanya tawuran, tetapi menjadi kampung percontohan dan kampung kreatif.(*)

#polsekpanakukang

#KampungPampang

#Kampungbersih



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x