Kompas TV regional berita daerah

Puskesmas Kota Semarang Tetap Layani Imunisasi Selama Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 3 Juni 2020, 14:10 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Selama pandemi Covid-19, layanan imunisasi untuk ibu hamil dan balita di puskesmas Kota Semarang, tetap berjalan. Namun untuk mencegah kerumunan massa dan mencegah penyebaran Covid-19, pendaftaran imunisasi dilakukan secara online.

Puskesmas Manyaran, Kota Semarang, ini tetap membuka pelayanan imunisasi bagi balita. Namun layanan ini tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Untuk menghindari adanya penumpukan pasien, orang tua yang bayinya akan diimunisasi terlebih dahulu harus mendaftarkan diri via online. Dari jumlah orang yang mendaftar ini, nantinya akan diatur jadwal imunisasinya, agar tidak ada penumpukan saat imunisasi berlangsung. Dalam sehari, Puskesmas Manyaran hanya membatasi 15 balita untuk diimunisasi.

Selain itu, ruangan untuk pelayanan imunisasi juga tidak disatukan dengan ruangan pasien yang sakit, namun menempati ruangan khusus diluar puskesmas.

Menurut Kepala Puskesmas Manyaran, imunisasi tetap diberikan karena balita retan terhadap berbagai penyakit, sehingga membutuhkan imunasasi dasar dan lanjutan. Sebelum beredar kabar adanya keluhan dari warga yang kesulitan saat akan melakukan imunisasi ibu hamil dan balita selama pandemi Covid-19.

#Imunisasi #Balita #Puskesmas #



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x