Kompas TV regional berita daerah

Masuk Angin Timuran, Tangkapan Ikan Nelayan Menurun

Kompas.tv - 2 Juni 2020, 14:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Angin timuran yang terjadi saat ini membuat tangkapan para nelayan di Tambaklorok Semarang menjadi menurun. Penurunan perolehan nelayan ini bisa mencapai 50 persen dibandingkan dimasa angin baratan.

Turunnya perolehan ikan hasil tangkapan ini salah satunya disampaikan oleh nelayan Tambaklorok Semarang, Mad Sareh. Sejak memasuki musim kemarau, dimana hembusan angin beraih dari baratan ke timuran/,tangkapan nelayan menjadi menurun. Di musim angin timuran ini, para nelayan perahu kecil hanya memperoleh tangkapan ikan kecil, seperti teri dan udang kecil.  

Untuk perahu kecil tangkapan ikan hanya bisa sekitar setengah kuintal setiap kali melaut, sedangkan perahu besar bisa mencapai satu kuintal. Padahal jika masa angin barat perolehan ikan mereka bisa mencapai dua kali lipat.

Menurut nelayan, perolehan mereka akan kembali membaik setelah memasuki angin baratan sekitar bulan September mendatang. Meskipun penghasilan menurun, mereka berharap agar cuaca betsahabat sehingga tetap bisa mencari ikan.

#Nelayan #AnginTimuran #TambaklorokSemarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x