Kompas TV regional berita daerah

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Gelar Salat Idul Fitri Hari Ini, Begini Penjelasan Imam Masjid

Kompas.tv - 23 Mei 2020, 11:02 WIB
jamaah-tarekat-naqsabandiyah-gelar-salat-idul-fitri-hari-ini-begini-penjelasan-imam-masjid
Ilustrasi: Ratusan jamaah dengan mengenakan masker menjalankan shalat id berjamaah di Masjid. (Sumber: KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY)
Penulis : Tito Dirhantoro

PADANG, KOMPAS TV - Pemerintah resmi telah menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada Ahad atau Minggu, 24 Mei 2020.

Namun demikian, masih ada beberapa jamaah yang sudah lebih dulu menggelar shalat Idul Fitri atau Id pada Sabtu (23/5/2020). Salah satunya jamaah Tarekat Naqsabandiyah.

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah melaksanakan shalat id pada pukul 08.00 WIB di Surau Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

Salat Idul Fitri dipimpin oleh  Imam Naqsabandiyah Surau Baitul Makmur, Zahar, selaku khatib sekaligus imam salat. 

Baca Juga: Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah Jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020

“Hari ini baru saja kami melaksanakan salat Idul Fitri,” kata Zahar kepada Kompas TV di Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (23/5/2020).

Zahar menuturkan, jamaah tarekat Naqsabandiyah Kota Padang menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari ini, Sabtu (23/5/2020).

Hal tersebut, kata Zahar, berdasarkan perhitungan rukiyat hilal dan hisab munjib, yakni penanggalan secara turun temurun pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, Sekretaris Surau Baitul Makmur, Edizon Revindo, mengatakan hari jumat (22/5/2020) merupakan hari genap ke-30 melaksanakan ibadah puasa bagi jamaah Tarekat Naqsabandiyah. 

Tarekat Naqsabandiyah sebelumnya sudah mulai melakukan ibadah puasa sejak 23 April lalu. Jika dihitung dari tanggal tersebut sudah genap 30 hari mereka berpuasa.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Pemerintah Resmi Tetapkan Idul Fitri pada Tanggal 24 Mei 2020

Menurut Edizon, penetapan Idul Fitri tahun ini telah sesuai dengan tradisi Tarekat Naqsabandiyah yang memakai kalender perhitungan Hisab Munjid dan tidak memakai metode rukyat.

“Kita merayakan Idul Fitri tidak seramai tahun lalu, apalagi saat ini sedang ada wabah, mungkin akan sepi,” ujar Edizon.

Selain di mushola Surau Baitul Makmur, pelaksanaan shalat Idul Fitri juga serentak dilaksanakan di masjid dan mushola milik jamaah Tarekat Naqsabandiyah lainnya di Kecamatan Kuranji Pauh, Koto Tangah, dan Kota serta Kabupaten Solok.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x