Kompas TV regional berita daerah

Letnan Ajeng, Pilot Perempuan Pertama Pesawat Tempur Tanah Air

Kompas.tv - 18 Mei 2020, 20:05 WIB
Penulis : Reny Mardika

KOMPAS.TV - Letnan II Penerbang Ajeng Tresna Dwi Wijayanti adalah pilot pesawat tempur pertama perempuan di tanah air.

Perempuan kelahiran Jakarta 24 tahun lalu itu menorehkan sejarah dan akan memulai pengabdiannya di Skadron Udara 15 Wing Udara III, Lanud Iswahyudi di Magetan, Jawa Timur.

Letda Ajeng diproyeksikan menerbangkan pesawat tempur taktis jenis Golden Eagle T50I.

Bersama 42 siswa sekolah penerbang angkatan ke-97 lainnya, Letda Ajeng dilantik oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal Yuyu Sutisna.

Pelantikan atau wisuda siswa sekolah penerbang yang dikenal dengan istilah Wingday tahun ini digelar sesuai protokol kesehatan pandemi corona.

Wisuda dilakukan di dua lokasi yakni di Markas Besar Angkatan Udara Cilangkap Jakarta dan di Wisma Adisucipto di Yogyakarta yang terhubung melalui jaringan video jarak jauh.

Para wisudawan dan wisudawati yang dilantik akan bergabung dengan skadron yang terdiri dari 34 pilot pesawa tempur dan pesawat angkut militer dan 10 pilot helikopter.

Letda Penerbang Ajeng dan perwira yang terpilih menjadi pilot pesawat tempur  akan menjalani kursus pengenalan terbang pesawat tempur terlebih dulu di Skadron Udara 15 sebelum menjalani masa transisi di skadronnya masing-masing.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x