Kompas TV regional berita daerah

Ratusan ODR Ramadan di Pos Karantina JSG

Kompas.tv - 4 Mei 2020, 21:21 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Ratusan orang dalam resiko atau ODR asal Jember Jawa Timur jalani ibadah puasa di pos karantina Jember Sport Garden atau JSG. Meski jauh dari keluarga, mereka tetap semangat menjalankan serangkaian ibadah di bulan ramadan.

Ramadan tahun ini memang berat bagi kebanyakan orang, tak terkecuali ratusan orang dalam resiko atau ODR, yang saat ini tengah jalani isolasi kesehatan di JSG Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.

Jauh dari keluarga tak membuat mereka sedih, mereka jalani masa karantina selama 14 hari penuh semangat. Mereka rutin olahraga bersama di sore hari untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Alasan ekonomi yang membuat mereka pulang kampung ke Jember sehingga harus dikarantina. Salah satunya Siti Rodiyah, warga Desa Tanjung Rejo Kecamatan Wuluhan.

Sebelumnya, ia bekerja di Maladewa di bagian pariwisata bersama 20 orang teman lainnya, yang saat ini juga berada di JSG. Namun perusahaan mereka tutup, karena terdampak pandemi Covid-19. Setelah ditutup, mereka tak lagi memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di Negeri orang.

Di pos karantina, mereka tetap menjalankan ibadah puasa. Saat Adzan Magrib berkumandang, mereka pun berbuka puasa nasi kotak yang telah disediakan oleh pemerintah.

Aktivitas keagamaan lainnya juga tetap dilakukan dengan khusyuk, seperti Salat Tarawih berjamaah dan Tadarus Alquran. Seluruh kegiatan dilakukan dengan protokol kesehatan, seperti jaga jarak dan memakai masker.

Bupati Jember, Faida mengatakan bahwa sudah ada 400 lebih orang yang dikarantina, karena berasal dari zona merah. Mereka terlebih dahulu menyertakan surat kesediaan untuk menjalani isolasi kesehatan demi memutus rantai penyebaran virus corona.

Tempat karantina JSG dilengkapi sejumlah peralatan kesehatan modern, seperti Laboratorium dan Rontgen. Lalu pos karantina juga dijaga oleh petugas medis dari unsur pemerintah dan TNI.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses screening ODR yang berpotensi membawa virus corona. Dengan demikian, penanganan dan pencegahan Covid-19 dapat dilakukan dengan cepat.

#Karantina #OrangDalamResiko #JemberSportGarden



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x