Kompas TV regional berita daerah

Pemkot Banjarmasin Mulai Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid 19

Kompas.tv - 28 April 2020, 17:30 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Banjarmasin, selasa siang (28/4/2020) menyalurkan bantuan bahan pokok dan uang tunai kepada warga terdampak covid-19.

Penyerahan bantuan bahan pokok secara simbolis dilakukan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, diikuti Ketua dan Anggota DPRD Banjarmasin serta Camat Banjarmasin Utara di kantor Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Bantuan bahan pokok berupa 5 kilogram beras, 6 bungkus mie instan, susu kaleng, 1 kotak the celup dan 1 liter minyak goreng serta bantuan tunai sebesar 250 ribu rupiah akan dibagikan kepada warga terdampak covid-19.

Ibnu sina menegaskan pemberian bantuan ini sebenarnya bukan kewajiban pemerintah daerah saat PSBB, melainkan upaya pemkot untuk membantu warga terdampak yang bukan termasuk warga miskin dalam data dinas social.

Dengan merelokasi dana APBD, bantuan ini akhirnya dapat disalurkan kepada warga terdampak.

Warga terdampak covid-19 yang dimaksud menurut Ibnu diantaranya ialah pekerja, karyawan atau pegawai yang tidak lagi menerima gaji akibat dampak dari pandemi.

Sehingga para penerima bantuan bukan termasuk warga miskin yang terdata di dinas sosial. 

Di kelurahan surgi mufti tercatat 949 paket yang akan dibagikan ke 32 rukun tetangga yang mengajukan permohonan bantuan.

Sementara penyalurannya melalui ketua rt untuk disampaikan pada masyarakat.

Pemkot mengakui penyaluran bantuan tidak serta merta dengan dimulainya PSBB sebab perlu dilakukan pendataan agar warga penerima merupakan warga rentan miskin baru yang tidak terdaftar dalam warga miskin sehingga bantuan tidak tumpang tindih.

Dimana saat ini terdata setidaknya 52.000 warga terdampak covid-19 di Banjarmasin.

Sedangkan khusus bagi warga miskin, penerima manfaat, bantuan akan disalurkan langsung melalui dana APBN.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x