Kompas TV regional berita daerah

Budaya Lampung Melekat di Bangunan Masjid Jami Al-Ishlah

Kompas.tv - 28 April 2020, 12:59 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Pesatnya perkembangan zaman serta mudahnya mengenal budaya luar, ternyata tidak membuat budaya asli menjadi hilang. Prinsip itu yang dilakukan warga Lampung untuk mempertahankan ciri khas daerah, ke dalam sebuah bangunan masjid yang memiliki desain dan ornamen khas Lampung seperti siger dan tapis dengan tujuan menjaga kelestarian budaya daerah.

Berdiri dengan kokoh tepat di sisi jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung, Masjid Jami Al-Ishlah yang identik dengan keunikanya karena memadukan bangunan masjid dengan kearifan budaya lokal.

Terlihat dari tampilan luar masjid, dimana pada bagian kubah yang berbentuk limas, ini menggambarkan rumah adat Lampung, dengan sisi lancip terbuka untuk memperlihatkan simbol bulan dan bintang.

Keunikan lainnya juga terlihat pada ujung menara masjid yang terdapat payung bertingkat atau dalam bahasa Lampung disebut tudung dengan paduan warna putih, kuning dan merah.  Perpaduan warna  ini mewakili sejumlah marga di Lampung, sementara simbol payung direpresentasikan sebagai pengayom masyarakat Lampung sama seperti halnya masjid sebagai tempat bagi siapa saja yang ingin beribadah.

Pada bagian dinding luar masjid kita juga bisa melihat, ornamen ikonik motif tapis dan perahu yang menggambarkan sebagai salah satu transportasi warga Lampung kala itu yang menetap di pinggir sungai. Didominasi warna merah maroon dan kuning keemasan mempertegas nuansa adat Lampung pada masjid Jami Al-Ishlah ini.

Berada di tengah lingkungan warga yang mayoritas bersuku asli Lampung, keberadaan masjid ini menjadi kebanggaan tersendiri, dan tidak hanya sebagai sarana rumah ibadah masjid ini juga selalu digunakan sebagi lokasi rapat pertemuan warga.

Jika melihat bangunan dalam masjid sekilas tak berbeda dengan masjid lain pada umumnya, bagian dalam dirancang sedemikian rupa agar tak mengurangi esensi dalam beribadah.

Baca Juga: Tradisi Bangunkan Sahur Masih Berjalan di Tengah Pandemi Korona

Sejak berdiri hingga saat ini, masjid Jami Al-Ishlah telah beberapa kali mengalami renovasi, hingga akhirnya pemerintah kota Bandar Lampung membantu mendanai pembangunan masjid Jami Al- Ishlah, sebagai masjid oramen Lampung yang masih lestari hingga saat ini.

#BudayaLampung #MasjidOrnamenLampung #Ramadan1441Hijriah 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x