Kompas TV regional berita daerah

Potret Pasutri 10 Tahun Tinggal Dirumah Reot Bersama 3 Anaknya

Kompas.tv - 22 April 2020, 11:55 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Tak ada pilihan lain,Pasangan suami istri  Abdulah Abjulu dan Satria Husain warga Desa Molonggota Kecamatan Gentuma Raya, Kabupaten Gorontalo Utara Gorontalo ini terpaksa harus tinggal di Rumah Reot yang berukuran 5 X 4 meter bersama 3 orang anaknya.

Rumah ini menjadi satu satunya tempat tinggal mereka setelah tanah yang berada di tengah pemukiman warga ini di pinjamkan oleh mantan kepala desa setempat.

Keluarga ini terpaksa tinggal di Rumah Reot  lantaran tidak  memiliki biaya yang cukup untuk membangun rumah.Bahkan lantaran keterbatasan ekonomi, pasutri ini tidak bisa menyekolahkan 3 orang anaknya.

Selain berukuran kecil,Rumah ini juga terlihat memprihatinkan, pasalnya, atap Rumah yang menggunakan daun kelapa tersebut kini sudah megering dan belubang meskipun ditambal dengan seng bekas.

untuk menghidari dinginnya udara di malam hari, dinding rumah ini hanya menggunakan tripleks bekas dan anyaman bambu yang mulai lapuk.Jika terjadi hujan di malam hari, keluarga ini tak bisa tidur karena air hujan menembus hingga ke dalam rumah.

Pasangan suami istri yang sudah 10 tahun tinggal di Rumah Reot ini tidak bisa membeli tanah dan membangun rumah yang layak karena pekerjaan mereka yang hanya mencari kelapa untuk dijual hanya bisa menghidupi kebutuhan sehari hari.

Sementara itu, sebagai bentuk kepedulian Rumah yang  memiliki satu kamar berukuran dua kali tiga meter ini akan di renovasi oleh kodim 1314 Gorontalo Utara bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa setempat.

Baca Juga: Masjid Bagikan Sembako dan Sediakan ATM Beras Gratis

Menurut rencana, Dandim 1314 Gorontalo Utara Letkol Arm Fristya Andrean Gitria bersama jajarannya akan menyisihkan bantuan kepada keluarga ini untuk membangun rumah layak huni.

Sebelumya pasangan suami istri abdulah abjulu dan satria husain ini menjadi salah satu penerima batuan paket sembako dari Kodim 1314 Gorontalo Utara ditengah wabah pandemi covid 19.

Namun setelah melihat tempat tinggal dari pasutri tersebut,  jajaran Kodim pun berinisiatif untuk memberikan batuan rumah layak  huni.

 

#Pasutri #rumahreot #Gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x