Kompas TV regional berita daerah

Pelindo 1 Antisipasi Penyebaran Virus Corona Melalui Pelabuhan

Kompas.tv - 5 Maret 2020, 15:55 WIB
pelindo-1-antisipasi-penyebaran-virus-corona-melalui-pelabuhan
Ilustrasi PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 (Sumber: pelindo1.co.id)
Penulis : Deni Muliya

MEDAN, KOMPAS.TV – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona.

Baca Juga: Pemerintah akan Rilis Update Soal Corona Sebanyak 2 Kali dalam Sehari

Selain menambah tingkat kewaspadaan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat ini, juga mengantisipasi atas penyebaran virus corona ke Indonesia melalui pelabuhan Internasional.

Oleh karenanya, seluruh cabang pelabuhan di lingkungan Pelindo 1 telah dan akan terus berkoordinasi secara intensif.

Koordinasi dilakukan bersama kantor kesehatan pelabuhan atau dinas kesehatan setempat.

Bersama mereka itulah dilakukan pemeriksaan terhadap penumpang embarkasi dan debarkasi di masing-masing cabang pelabuhan.

Mereka juga melakukan pengawasan crew atau awak kapal asing yang bersandar di cabang pelabuhan dan memperketat pengawasan serta kontrol terhadap seluruh kegiatan operasional, khususnya di pelabuhan internasional.

“Di beberapa area terminal penumpang Pelindo 1 seperti di terminal penumpang Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun dan Dumai, telah dipasang alat scanner untuk mendeteksi suhu tubuh. Hal ini sebagai antisipasi penyebaran virus corona,” ujar Fiona Sari Utami, VP Humas Pelindo 1.

Baca Juga: Hadapi Virus Corona, Pelabuhan Batam Meningkatkan Kewaspadaan Kesehatan

Fiona melanjutkan, pemantauan dan pemeriksaan penumpang dimulai dari dermaga hingga ke pintu masuk dan keluar.

“Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) juga akan terus bersiaga dan berkoordinasi secara intensif dengan Pelindo 1 di seluruh terminal penumpang internasional,” tutur Fiona.

Fiona menambahkan, kegiatan pemeriksaan kepada crew atau awak kapal di cabang pelabuhan internasional juga semakin ditingkatkan. 

“Petugas KKP melakukan pemeriksaan intensif sebelum kegiatan bongkar muat dilaksanakan, di mana  kegiatan pemeriksaan ini tidak saja dilakukan pada saat isu virus corona mewabah, namun kegiatan rutin yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku di pelabuhan,” jelas Fiona.

“Selain itu para petugas lapangan, baik di terminal penumpang maupun di dermaga telah dihimbau untuk menggunakan masker,” terang Fiona. 

Sebagai informasi, cabang pelabuhan Pelindo 1 memiliki terminal penumpang internasional yaitu cabang Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Dumai dan  Tanjung Balai Asahan. 

Adapun pelabuhan yang melayani cargo impor yaitu pelabuhan Belawan, TPK Belawan, Perawang, Kijang, Dumai dan Lhokseumawe.

Baca Juga: 69 WNI ABK Diamond Princess Akhirnya Tiba di Pelabuhan PLTU Indramayu

Layanan terminal penumpang internasional yang masuk melalui cabang pelabuhan ini berasal dari Singapura dan Malaysia (Johor, Selat Panjang, Malaka dan Port Klang). 

Sementara untuk negara asal cargo (impor) pada umumnya berasal dari negara Singapura, Malaysia, Vietnam, Myanmar, India dan China.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x