Kompas TV regional kalimantan

Kebakaran di Kilang Pertamina Balikpapan Berhasil Dipadamkan, Tak Ada Korban Jiwa

Kompas.tv - 25 Mei 2024, 10:34 WIB
kebakaran-di-kilang-pertamina-balikpapan-berhasil-dipadamkan-tak-ada-korban-jiwa
Kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Indonesia (KPI) unit Balikpapan, di Jalan Yos Sudarso, Balikpapan Barat, Sabtu (25/5/2024) dini hari. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Kebakaran di Kilang Pertamina Balikpapan telah berhasil dipadamkan pada Sabtu (25/5/2024) pagi.

General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, Bayu Arafat, menyatakan, tim pemadam telah berhasil menangani kejadian kebakaran di Crude Distillation Unit (CDU) IV Kilang Balikpapan pada pukul 07.30 WITA.

Untuk memadamkan api, Pertamina mengerahkan 7 unit mobil pemadam milik PT KPI RU V dan 1 unit mobil pemadam dari Pertamina Grup di Balikpapan. 

Selain itu, pemadam statis (fire ground) yang berada di sekitar lokasi pun diaktifkan untuk membantu memadamkan api dan melokalisir sumber panas. 

Tim pemadam saat ini fokus pada upaya pendinginan area kejadian untuk mencegah timbulnya api kembali.

"Alhamdulillah, Tim Pemadam telah berhasil menguasai kondisi dan saat ini tengah dilakukan upaya pendinginan," kata Bayu dalam keterangannya dikutip dari Tribunnews.

Baca Juga: Kebakaran Lalap Bangunan Sekolah di Surabaya, 15 Unit Mobil Damkar Diterjunkan ke Lokasi

Bayu memastikan, kebakaran ini tidak menyebabkan korban jiwa dan tidak berdampak langsung pada masyarakat sekitar. 

Meski demikian, tim terus memantau kondisi di area kejadian untuk memastikan tidak ada sumber panas yang tersisa dan memastikan kejadian ini tidak mengganggu produksi BBM serta supply ke masyarakat.

"Selain itu, monitoring produksi BBM juga kami lakukan untuk memastikan supply ke masyarakat tidak terganggu," lanjut Bayu.

"Sekali lagi terima kasih kepada seluruh stakeholder atas doa dan dukungan yang diberikan, sehingga kejadian ini dapat segera ditangani dengan maksimal," ucapnya.

Dilansir dari Antara, kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Indonesia (KPI) unit Balikpapan, di Jalan Yos Sudarso, Balikpapan Barat, Sabtu (25/5) dini hari tadi. 

Menurut relawan bencana Balikpapan, kejadian kebakaran itu bermula sekira pukul 05.06 WITA. Dalam video dari para relawan, terlihat api menghanguskan salah satu bagian di KPI.

Akibat kebakaran tersebut, akses jalan menuju lokasi ditutup oleh petugas, mulai dari Jalan Yos Sudarso hingga kawasan Panorama. Penutupan jalan ini sempat menyebabkan kemacetan terutama di jalan menuju kawasan Balikpapan Barat. 

Baca Juga: Pertamina Buka Peluang Sinergi Berbagai Negara, Gaungkan Pelestarian Air dan Lingkungan di WWF 2024


 



Sumber : Tribunnews



BERITA LAINNYA



Close Ads x