Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jelang Iduladha, Domba Jumbo Bobot 105 Kg Terjual Rp 10 Juta

Kompas.tv - 24 Mei 2024, 10:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Menjelang hari raya Iduladha, Setya Ibnu seorang peternak di Desa Plesan, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah sibuk memperisapkan 200 ekor domba peliharaannya yang siap dijual untuk hewan kurban.


Setya memiliki domba jenis Dorper, Awassi, Ekor Gemuk, maupun Texel. 60 persen domba telah dipesan. Bahkan ada yang laku dijual seharga Rp 10 juta yaitu domba jenis Texel dengan bobot 105 kilogram. Domba jumbo itu dirawat Setya selama dua tahun.


Meski harganya fantastis, seorang warga Desa Nguter, Kabupaten Sukoharjo yang kini tinggal di Jakarta bersedia membelinya. Texel adalah jenis domba yang berasal dari Pulau Texel, Belanda. Domba Texel menghasilkan daging tanpa lemak.


“Kalau yang Rp 10 juta itu jenis Texel. Bobot terakhir kita timbang awal bulan Mei itu di angka 105 kalau usianya itu dua tahun. Alhamdulillah itu sudah ter-DP. Kayaknya sampai saat ini ya itu yang terbesar,” tutur Setya Ibnu, peternak domba.


Untuk menjaga kesehatan dombanya, Setya Ibnu menjaga betul pakan, vitamin, kebersihan kandang, dan obat-obatan yang berasal dari ramuan jamu tradisional.

#iduladha #domba #dombajumbo
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x