Kompas TV regional jabodetabek

PJ Gubernur Jakarta Resmikan Pembangunan RDF Plant Rorotan, Bisa Tampung Sampah 2.200 Ton Per Hari

Kompas.tv - 13 Mei 2024, 11:55 WIB
pj-gubernur-jakarta-resmikan-pembangunan-rdf-plant-rorotan-bisa-tampung-sampah-2-200-ton-per-hari
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Sumber: Warta Kota )
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono resmikan Pembangunan Refuse Derived Fuel (RDF) Plant di Rorotan Jakarta Utara yang dapat mengolah sampah sebanyak 2.200 Ton per hari.

“Pemda DKI menambah satu lagi untuk pengelolaan sampah-sampah di Jakarta yaitu RDF di Rorotan yang kami bangun dan berakhir nanti bisa terselesaikan di sebelum Desember lah 2024 dan bisa menampung sampah 2.200 ton per hari” kata Heru di Jakarta, Senin (13/5/2024).

“Total DKI itu 7500 sampai 7900 sampah setiap harinya dan menghasilkan RDF dari 2.200 ton itu menghasilkan 800 RDF sampah.”

Baca Juga: MK Terima Laporan Dugaan Pelanggaran Etik Anwar Usman

Heru mengatakan, RDF Plant yang dibangun nantinya akan melayani dan menerima sampah dari 16 kecamatan di DKI Jakarta. Antara lain adalah semua kecamatan di Jakarta Utara, 4 kecamatan di Jakarta Pusat, dan 6 Kecamatan di Jakarta Timur.

Dalam keterangannya, Heru juga menginisiasi untuk Jakarta punya RDF selain TPS 3R di wilayah kelurahan atau kecamatan dalam kapasitas yang lebih besar lagi.

“Dan ke depan untuk 50 tahun ke depan bisa membangun TPA Tempat Pembuangan Sampah Akhir di sekitar laut Kepulauan Seribu, konsepnya tentunya tidak sampah saja, tetapi bisa tadi lumpur di tingkat nasional, bagaimana kita liat aja Singapura, Jepang yang nanti menjadi pulau," ujar Heru.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Fasilitas RSUD, Cek Bahan Pokok hingga Resmikan Jalan Pada Hari Keduanya di Sultra

“Dan ini saya minta dikaji oleh dinas lingkungan hidup bersama dengan pecinta lingkungan bersama dengan akademisi, untuk tetap bisa dilaksanakan. Sudah tidak ada tempat lagi untuk membuang sampah di daratan.”



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x