Kompas TV regional jawa barat

Update Gempa Garut: Terdapat 10 Daerah yang Terdampak, Ini Daftarnya

Kompas.tv - 28 April 2024, 11:30 WIB
update-gempa-garut-terdapat-10-daerah-yang-terdampak-ini-daftarnya
Salah satu rumah warga yang terdampak kerusakan akibat gempa di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (27/4/2024) malam. Gempa megnitudo (M) 6,2 yang mengguncang Kabupaten Garut berdampak kerusakan pada 10 Kabupaten dan Kota. (Sumber: Kompas.tv/Ant/HO-Polres Garut)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gempa magnitudo (M) 6,2 yang mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Sabtu (27/4/2024) malam, ternyata berdampak kerusakan pada 10 Kabupaten dan Kota.

Hal ini disampaikan Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Hadi Rahmat Hardjasasmita.

Menurut penjelasannya, 10 daerah tersebut yakni Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi,  Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, Kota Tasikmalaya dan Kota Cimahi.

"Data akibat dampak gempa masih bersifat dinamis. Kami masih terus mendata jumlah bangunan dan korban di 10 daerah ini, " kata Hadi dalam keterangannya, Minggu (28/4).

Hadi menyebut kerusakan yang terjadi di 10 daerah tersebut meliputi rumah dan fasilitas umum.

Seperti di Kabupaten Garut dilaporkan 24 rumah rusak, Kabupaten Ciamis 12 rumah rusak, Kabupaten Tasikmalaya 6 rumah rusak, Kota Tasikmalaya 5 rumah rusak dan Kabupaten Bandung Barat 2 rumah rusak.

Kemudian, di Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Pangandaran dilaporkan masing-masing 1 rumah rusak, lalu di Kota Cimahi 1 SMP rusak. 

Sementara pada Kabupaten Tasikmalaya sejulah fasilitas umum mengalami kerusakan. 

Kerusakan, kata dia, juga menimpa rumah sakit di Kabupaten Garut.

"Fasilitas kesehatan yang terdampak adalah plafon Rumah Sakit SMC di Kabupaten Tasikmalaya dan bangunan Rumah Sakit Umum Pameungpeuk di Kabupaten Garut, " jelasnya, dikutip dari Kompas.id.



Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x