Kompas TV regional sulawesi

HBP Ke-60, Rutan Makassar Gelar Tabur Bunga, Kenang Jasa Para Pahlawan

Kompas.tv - 25 April 2024, 14:13 WIB
hbp-ke-60-rutan-makassar-gelar-tabur-bunga-kenang-jasa-para-pahlawan
Kepala Rutan Kelas I Makassar, Jayadikusumah dan jajaran turut mengikuti upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang Makassar (Sumber: Istimewa)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024, Kepala Rutan Kelas I Makassar, Jayadikusumah dan jajaran turut mengikuti upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang Makassar. Kamis, 25 April 2024.

Kegiatan yang dihadiri oleh unit pelaksana teknis pemasyarakatan Wilayah Makassar dan sekitarnya ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam memperjuangkan kemerdekaan serta untuk mengapresiasi peran Pemasyarakatan dalam upaya penegakan hukum di Indonesia.

Dalam upacara yang dihelat dengan khidmat, Jayadikusumah bertindak sebagai Komandan Upacara, sedangkan Inspektur upacara dijabat oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Yudi Suseno.

Upacara dimulai pukul 07.00 WITA diawali dengan laporan Komandan upacara kepada Inspektur Upacara. Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur. 

Selanjutnya, Yudi Suseno selaku Inspektur Upacara meletakkan karangan bunga di Tugu Makam Pahlawan. Karangan bunga itu bertuliskan “Hari Bakti Pemasyakatan Ke-60” Kementerian Hukum dan HAM.

Usai upacara, bersama-sama dengan para pejabat dan petugas pemasyarakatan lainnya, mereka turut serta dalam prosesi tabur bunga di makam para pahlawan. Makam yang menjadi tujuan tabur bunga antara lain adalah makam Andi Mappanyukki, A.P. Petta Rani, Andi Djemma, dan Emmy Saelan, tokoh-tokoh pahlawan yang dijadikan nama pada blok hunian warga binaan.

"Kegiatan ini adalah partisipasi kami untuk menyemarakkah peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan. Kami juga berharap ziarah dan tabur bunga ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan semangat patriotisme dan pengabdian kepada bangsa dan negara," ujar Jayadikusumah.

Kata Jayadi, selain mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa, seyogyanya jajaran Pemasyarakatan juga harus merenungkan betapa pentingnya nilai-nilai kebebasan, keadilan, dan pengabdian dalam konteks sistem pemasyarakatan.

Ia berharap para petugas dan warga binaan pemasyarakatan dapat merenungkan peran serta mereka dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

"Semoga semangat pengorbanan dan keberanian para pahlawan bisa menginspirasi kita semua untuk terus berjuang, baik dalam memperbaiki diri sendiri maupun dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat," tuturnya.

Terakhir, Jayadi mengajak jajarannya untuk menjadikan upacara tabur bunga ini sebagai momentum untuk memperkuat komitmen dalam menciptakan sistem pemasyarakatan yang lebih manusiawi dan rehabilitatif, mengupayakan pelayanan publik yang terbaik.

Upacara ini turut diikuti oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Kepala Divisi Keimigrasian, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sulsel beserta Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Wilayah Makassar dan sekitar yakni, Lapas Makassar, Bapas Makassar, Rupbasan Makassar, Lapas Maros, LPKA Maros, Lapas Perempuan Sungguminasa, Lapas Narkotika Sungguminasa dan Rutan Malino.


#taburbunga
#tamanmakampahlawan
#rutanmakassar

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x