Kompas TV regional berita daerah

BNPB Dan Forkopimda Sitaro Bawa Bantuan Ke Titik Pengungsian

Kompas.tv - 24 April 2024, 18:45 WIB
Penulis : KompasTV Manado

SITARO, KOMPAS.TV- Tersebarnya posko pengungsian para korban erupsi Gunung Ruang membuat distribusi bantuan belum merata. Hal ini membuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Forkopimda Sitaro membawa sejumlah bantuan ke beberap titik pengungsian di luar posko terpadu yang berada di Desa Apengsala – pulau Tagulandang.

Banyaknya sebaran posko pengungsian yang menjadi lokasi para korban erupsi Gunung Ruang, membuat sejumlah distribusi logistik bagi para pengungsi tidak merata.

Mengantisipasi hal tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sitaro serta TNI-POLRI Menyasar sejumlah titik pengungsian dan membawa langsung bantuan logistik bagi pengungsi.

Salah satu titik pengungsian yang dituju ialah posko pengungsian di Gereja Viadolorosa Desa Lesarende, dimana terdapat warga terdampak erupsi yang mengungsi di lokasi ini.

Distribusi bantuan yang dibawa kali ini berupa kebutuhan dasar untuk makan dan minum termasuk bantuan logistik lainnya, sebagai upaya untuk membantu pengungsi dalam masa adaptasi pasca erupsi.

Selain pemenuhan kebutuhan dasar, Forkompimda Sitaro bersama Satgas Penanggulangan Bencana Alam TNI juga melakukan upaya penanganan pasca evakuasi dengan menyiapkan posko pengungsian sekaligus pendataan jumlah korban jiwa terdampak dan penghitungan rumah dan fasilitas sosial yang rusak akibat muntahan material Gunung Ruang.

Untuk diketahui, Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro erupsi pertama kali pada 16 April 2024 lalu. Intensitas kegempaan masih berlanjut pada 17 April malam hingga 18 April dini hari.

Akibat erupsi Gunung Ruang ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi – PVMBG – menaikkan status Gunung Ruang di level empat atau awas.

Status level empat ini terhitung 17 April hingga senin 22 April 2024 pukul 09.00 WITA.

Meski status Gunung Ruang telah diturunkan menjadi level tiga atau siaga pada Senin 22 April 2024, status tanggap darurat bencana masih terus berlanjut hingga 29 April mendatang.

#kompastvmanado #kemensos #erupsigunungruang

Yannemieke Singal Kompas tv Sitaro

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x