Kompas TV regional bali nusa tenggara

Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur Kembali Erupsi Pagi Ini, Warga Diimbau Jauhi Radius 2 Km

Kompas.tv - 23 April 2024, 08:04 WIB
gunung-lewotobi-laki-laki-di-flores-timur-kembali-erupsi-pagi-ini-warga-diimbau-jauhi-radius-2-km
Gunung Lewotobi Laki-laki yang terletak di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengalami erupsi pagi ini, Selasa (23/4/2024). (Sumber: ANTARA/HO-PVMBG)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gunung Lewotobi Laki-laki yang terletak di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengalami erupsi pagi ini, Selasa (23/4/2024).

Petugas Pos PGA Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa di Flores Timur dalam keterangannya menyebut erupsi terjadi pada pukul 06.47 Wita.

"Terjadi erupsi G. Lewotobi Laki-laki pada hari Selasa, 23 April 2024, pukul 06:47 Wita," kata Bobyson.

Menurut penjelasannya, tinggi kolom letusan teramati kurang lebih 100 meter (m) di atas puncak atau kurang lebih 1684 m di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah barat daya," ujarnya.

Ia menambahkan erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 2.9 mm dan durasi 45 detik.

Terkait hal tersebut Bobyson mengimbau masyarakat di sekitar gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung/ wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 2 kilometer (Km) dari pusat erupsi, serta sektoral 3 Km pada arah Utara-Timur Laut dan 5 Km pada sektor Timur Laut.

Baca Juga: Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Kembali Beroperasi

"Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya," ucapnya.

Masyarakat di sekitar gunung Lewotobi Laki-Laki juga diimbau mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak, jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

"Masyarakat yang terdampak hujan abu gunung Lewotobi Laki-laki memakai masker/penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan," ujarnya.

Sebelumnya, Gunung Lewotobi Laki-laki juga mengalami erupsi dua kali pada Senin (22/4) kemarin.

Mengutip dari laman Magma Indonesia, pada Senin kemarin Gunung Lewotobi Laki-laki mengalami erupsi pada pukul 10.46 Wita dan pukul 13.06 Wita.

Baca Juga: Imbas Erupsi Gunung Ruang, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang hingga Senin Siang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x