Kompas TV regional jabodetabek

Bima Arya Mau Hapus Angkot Reyot di Bogor, Gandeng PLN Bikin SPKLU Khusus Angkot Listrik

Kompas.tv - 20 April 2024, 04:35 WIB
bima-arya-mau-hapus-angkot-reyot-di-bogor-gandeng-pln-bikin-spklu-khusus-angkot-listrik
Pemerintah Kota Bogor bekerja sama dengan PLN menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) khusus Angkutan Umum Perkotaan Berbasis Listrik di Kota Bogor (ALIBO). (Sumber: PLN)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

BOGOR, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bekerja sama dengan PLN menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) khusus Angkutan Umum Perkotaan Berbasis Listrik di Kota Bogor (ALIBO).

Pengoperasian SPKLU khusus ALIBO ini guna mendukung upaya Pemkot Bogor yang tengah menyelenggarakan uji coba 5 unit ALIBO sejak 4 April 2024 hingga 3 Juli 2024.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan kehadiran angkot listrik Alibo menjadi upaya tranformasi angkutan umum atau angkutan kota (angkot) di Kota Bogor.

Bima menyebut SPKLU ALIBO adalah tempat isi ulang angkot listrik komersial pertama yang beroperasi di Indonesia. 

Baca Juga: Tarif Baru Ngecas Mobil Listrik di SPKLU, Fast Charging Rp25.000, Ultrafast Charging Rp57.000

"Salah satu yang fenomenal dari angkot di Kota Bogor ialah polusinya ya angkot sudah bangkotan, angkot sudah reyot dibiarkan beroperasi, susah sekali menghentikannya polusi dan lain-lain," kata Bima, seperti dilansir laman Kementerian BUMN, Jumat (19/4/2024). 

Bima mengungkap, keberadaan angkot berbasis BBM di Bogor secara bertahap akan dihapus. Nantinya hanya ada transportasi umum yang ramah lingkungan. 

"Ini adalah reformasi dari era baru Kota Bogor dan ke depannya hanya ada Biskita Trend dan angkot listrik, itu clear. Bismillah semoga Allah mudahkan," ujar Bima.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan, PLN menambah SPKLU di Bogor khusus untuk melayani kebutuhan pengisian daya angkutan umum berbasis listrik di wilayah tersebut.

Baca Juga: Hasil Pertemuan Jokowi dengan Eks PM Inggris Tony Blair: UEA akan Investasi Solar Panel di IKN



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x