Kompas TV regional jawa timur

Pasca Lebaran Harga Bawang Merah Melejit, Cabai Turun

Kompas.tv - 19 April 2024, 18:31 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Pasca lebaran, harga bawang merah di pasaran melonjak tinggi karena pasokan menipis.

Di Pasar Besar Kota Malang, harga bawang merah yang biasanya Rp 30 ribu per kilogram kini melonjak menjadi Rp 65 hingga Rp 70 ribu per kilogram. Kenaikan harga bawang merah ini menurut pedagang terjadi sejak sebelum Lebaran. Hingga pasca lebaran, harga bawang merah bukannya turun justru semakin naik.

Kenaikan ini menurut pedagang karena pasokan dari petani berkurang, sehingga bawang merah sulit didapat. Beberapa daerah yang kerap menjadi pemasok bawang merah di Jawa Timur juga sedang tidak musim. Agus salah satu pedagang di pasar besar menjelaskan, selain harganya yang tinggi, kondisi bawang merah yang didapatkan pedagang kualitasnya juga kurang bagus.

Kenaikan harga bawang merah ini menurut pedagang juga berdampak pada daya beli masyarakat. Sejak harga naik, meski tetap membeli, namun konsumen memiliki untuk mengurangi jumlah pembelian.

"Barangnya memang tidak ada, sudah nggak musim, Probolinggo juga sudah mau habis ini, jadi stoknya berkurang" Kata Agus. 

Berbeda dengan bawang merah yang harganya naik, penurunan justru terjadi pada komoditi cabai. Jika sebelumnya cabai dijual hingga Rp 70 ribu rupiah kini stabil di harga Rp 25 ribu per kilogram.

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x