Kompas TV regional sumatra

Kembalikan Tas Pemudik Berisi Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dapat Hadiah Sekolah Perwira

Kompas.tv - 16 April 2024, 20:49 WIB
kembalikan-tas-pemudik-berisi-rp100-juta-aiptu-supriyanto-dapat-hadiah-sekolah-perwira
Anggota Polri yang berjaga di Rest Area KM 116 A Tol Trans Sumatera wilayah hukum Polres Lampung Tengah, Polda Lampung Aiptu Supriyanto menemukan tas pemudik yang tertinggal di toilet, pada Minggu (14/4/2024). Aiptu Supriyanto mendapatkan penghargaan atas aksinya mengembalikan uang senilai Rp100 juta  yang ditemukannya di rest area Tol Lampung. (Sumber: Kompas.tv/Ant/HO-Polda Lampung)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Polres Lampung Tengah bernama Aiptu Supriyanto mendapatkan penghargaan atas aksinya mengembalikan uang senilai Rp100 juta  yang ditemukannya di rest area Tol Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah Astutik menyebut tindakan Aiptu Supriyanto merupakan contoh nyata dari dedikasi dan integritas tinggi dalam menjalankan tugas sebagai seorang anggota kepolisian.

"Tindakannya tidak hanya mencerminkan profesionalisme, tetapi juga menegaskan komitmen Polri untuk melayani dan melindungi masyarakat dengan segenap hati," kata Kombes Umi dalam keterangannya, Selasa (16/4/2024).

Ia pun mengatakan Kapolda Lampung sangat bangga dengan keberanian dan kejujuran Aiptu Supriyanto. 

Sebab itu, sebagai bentuk apresiasi, Aiptu Supriyanto diberikan penghargaan berupa kesempatan untuk mengikuti sekolah perwira Pendidikan Alih Golongan (PAG) Polri pada akhir tahun 2024.

"Kapolda yakin bahwa Aiptu Supriyanto adalah calon pemimpin yang berpotensi dan memiliki kemampuan untuk memberikan kontribusi yang besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Lampung," ucapnya, dikutip dari Antara.

Pihaknya, lanjut, dia berharap tindakan jujur Aiptu Supriyanto ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh jajarannya serta masyarakat umum.

Baca Juga: Cerita Polisi Aiptu Supriyanto Temukan Uang Rp100 Juta Milik Pemudik di Toilet Rest Area Tol Lampung

Diberitakan sebelumnya,  Aiptu Supriyanto menemukan uang tunai senilai Rp100 juta di rest area Tol Lampung, Minggu (14/4) sekitar pukul 07.00 WIB.

Uang ratusan juta rupiah tersebut ternyata milik pemudik yang tertinggal di kamar mandi atau toilet rest area KM 116A Tol Lampung.

Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik Purnomo Sigit mengungkapkan penemuan tas berisi uang tunai itu bermula ketika anak buahnya, Aiptu Supriyanto, melakukan patroli di rest area di wilayah Kecamatan Bumi Ratu Nuban.

Aiptu Supriyanto kemudian melihat ada sebuah tas yang tergantung. Padahal, di dalam toilet tersebut tidak ada orang.

Tak berani membuka tas tersebut, Aiptu Supriyanto, lanjut dia langsung membawanya ke pos sekuriti.

"Saat dibuka, isinya ternyata uang tunai lebih kurang senilai Rp100 juta. Selain itu, ada barang berharga berupa ponsel, paspor, dan dompet yang berisi identitas pemilik," ucap Andik, Senin (15/4).

Setelah mengetahui identitas pemilik tas tersebut, Aiptu Supriyanto lantas bergegas ke masjid yang ada di rest area untuk mengumumkan penemuan tas tersebut.

Akhirnya pengumuman tersebut didengar oleh pemilik tas. Setelah tersambung, Aiptu Supriyanto bertemu dengan pemilik tas di Masjid rest area lalu mengembalikan tas tersebut.

Diketahui pemilik tas tersebut bernama Sukisno (55) yang hendak pulang ke Belitang, Sumatera Selatan.

Baca Juga: Saat Petugas Temukan Uang Tunai Rp1,5 Miliar ketika Padamkan Kebakaran di Surabaya


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x