Kompas TV regional berita daerah

Sejuknya Berwisata Alam di Pinus Ecopark Lampung Barat

Kompas.tv - 16 April 2024, 14:41 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Lokasinya berada di Jalan Lintas Sumatera Kecamatan Sumber Jaya Lampung Barat Lampung, kawasan wisata Pohon Pinus Ecopark selalu ramai pengunjung.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, Pelabuhan Bakauheni Ramai Lancar

Bagaimana tidak, di tempat ini wisatawan akan dimanjakan dengan suasana hutan nan asri ditambah lagi rindangnya pepohonan pinus yang berada di kawasan pegunungan ini memberikan udara yang sangat sejuk.

Pinus Ecopark Sumber Jaya  juga menyiapkan berbagai fasilitas yang bisa disewa oleh pengunjung seperti flying fox dan berbagai permainan ramah anak. Bahkan tak jarang dan tak sedikit pengunjung berkemah di tempat ini sembari mengambil berbagai sudut foto yang menarik.

Pengunjung mengaku sangat nyaman berada di lokasi wisata Pinus Ecopark Sumber Jaya apalagi harga tiket masuknya hanya 5.000 rupiah per-orang.

Kawasan  Pinus Ecopark Sumber Jaya Lampung Barat merupakan milik dinas kehutanan yang kini dikelola oleh kelompok masyakarat sekitar setelah mengantongi IUPHKM atau Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan pada tahun 2018 lalu.

Dengan dilakukanya pemanfaatan hutan lindung menjadi kawasan wisata alam ini tentu memiliki dampak ekonomi bagi warga sekitar. Dimana hasil dari dana yang terkumpul akan dikelola untuk pengembangan dan perawatan hutan hingga kelompok pengelola.

Dengan pemanfaatan hutan lindung ini diharapkan selain menjadi kawasan wisata alam juga memberikan edukasi kepada warga khususnya anak-anak untuk lebih mengenal hutan dan menjaga kelestarian alam.

#pinus #ecopark #lambar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x