Kompas TV regional jawa tengah dan diy

BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo Balik Kerja ke Jakarta

Kompas.tv - 16 April 2024, 10:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberangkatkan 960 pemudik asal Solo yang kembali ke Jakarta melalui program Balik Kerja, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas arus balik lebaran .

Pemberangkatan sepuluh bus melalui program Balik Kerja Bareng Badan Pengelola Keuangan Haji atau BPKH 2024 ke Jakarta ini dilakukan oleh kepala badan pelaksana BPKH, didampingi kepala Kemenag Jawa Tengah serta Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Surakarta di halaman Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Menurut Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah, program Balik Kerja merupakan bentuk kepedulian BPKH kepada para pemudik yang hendak balik ke Jakarta tanpa dipungut biaya alias gratis. Tahun 2024, BPKH kembali mengadakan program Balik Kerja dengan tiga kota keberangkatan yakni Solo, Kota Semarang, dan Yogyakarta.

Untuk Solo, telah diberangkatkan sepuluh bus dengan total jumlah pemudik 480 peserta di hari Minggu (14/04/2024) dan Senin (15/04/2024) sebanyak 480 peserta, sehingga total peserta program Balik Kerja Bareng BPKH sebanyak 960 peserta dengan 20 bus.

“Kami BPKH kembali mengadakan program Balik Kerja Bareng BPKH dengan empat kota keberangkatan yaitu salah satunya adalah Solo, yang lain Semarang, Yogyakarta dan Surabaya. Untuk Kota Solo sendiri saat ini ada sepuluh kali dua hari bus, jadi ada 20 bus yang akan diberangkatkan dan pagi ini kita sudah memberangkatkan sepuluh bus pertama masing-masing kapasitas 48 orang sehingga hari ini total yang sudah diberangkatkan ada 480 orang. Besok pagi totalnya sekitar 960 orang yang berangkat Balik Kerja BPKH,” jelas Fadlul Imansyah.

Program ini sangat disyukuri para pemudik, karena dapat menghemat pengeluaran untuk ongkos balik. Menurut warga yang mudik bersama tujuh anggota keluarga, angkutan balik gratis ini membuatnya bisa menghemat hingga Rp 8 juta.

“Alhamdulillah kita dapat mengikuti program Balik Kerja BPKH. Satu KK dapat tujuh, semuanya dapat dan kita bisa balik kerja lagi. Kita bertujuh, anak-anak lima, saya, dan istri. Senang,” tutur Nurman Hakim, peserta Balik Kerja Bareng BPKH.

Diharapkan program Balik Kerja Bareng BPKH ini dapat membantu para pemudik mengurangi pengeluaran transport untuk kembali bekerja ke Jakarta dan sekitarnya. Program ini tidak sepersen pun menggunakan dana haji yang disetor jamaah, namun program balik kerja ini sumber biaya yang digunakan adalah hasil pengelolaan investasi dana abadi umat.

#progambalikkerjabarengbpkh #bpkh #balikkerjabarengbpkh



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x