Kompas TV regional berita daerah

Menhub Sebut Ada 3 Pelabuhan Di Lampung Siap Layani Pemudik

Kompas.tv - 15 April 2024, 15:25 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Untuk mengantisipasi kepadatan jelang arus mudik idul fitri 1445 hijriah dari Sumatera menuju Pulau Jawa, Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menko PMK serta Kakorlantas Polri menggelar rapat koordinasi di Mapolda Lampung.

Baca Juga: Hindari Kepadatan, Pemudik Memilih Pulang Lebih Awal

Hasilnya Menhub Budi Karya Sumadi menerapkan 3 kategori dalam mengantisipasi arus balik lebaran 2024 diantaranya yellow, green dan red.

Kategori green atau hijau diartikan antrean masih dalam keadaan normal. Yellow atau kuning diartikan bahwa antrean sudah memasuki 1 km dari pintu gerbang pelabuhan. Jika sudah masuk kategori ini  maka delay sistem akan mulai dibuka dengan mengaktifkan 5 rest area dan 4 buffer zone yang ada di lintas tengah maupun lintas timur.

Terakhir kategori red atau merah artinya antrean sudah mencapai 4 km dari pintu gerbang pelabuhan.

Selain menerapkan 3 kategori tersebut, menhub juga membuka tiga pelabuhan untuk melayani pemudik diantaranya Pelabuhan Bakauheni ke Merak, Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) dan Pelabuhan Panjang.

Menhub juga mengajak para pemudik berkendara untuk selalu memperhatikan kesehatan dan kondisi kendaraan serta mematuhi rambu rambu lalu lintas.

#3 #pelabuhan #lampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x