Kompas TV regional jabodetabek

Layani Penumpang Arus Balik, TransJakarta Beroperasi sejak Dini Hari dari Terminal Pulogebang

Kompas.tv - 15 April 2024, 15:27 WIB
layani-penumpang-arus-balik-transjakarta-beroperasi-sejak-dini-hari-dari-terminal-pulogebang
Untuk melayani penumpang arus balik Lebaran, TransJakarta beroperasi mulai dinihari dari Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk melayani penumpang arus balik Lebaran, TransJakarta beroperasi mulai dinihari dari Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. 

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Terpadu Pulogebang Hendra Kurniawan mengatakan bus TransJakarta beroperasi mulai pukul 00.00 WIB hingga 05.00 WIB.

"Ya memang kalau untuk pagi hari, dini hari, bahkan malam di sini ada angkutan lanjutan dalam kota khusus TransJakarta maupun Mikrotrans yang melayani ke berbagai tujuan untuk pemudik yang baru sampai," kata Hendra di Pulogebang, Minggu (14/4/2024). 

Ia menerangkan, bus TransJakarta melayani penumpang dari Terminal Pulogebang ke lima tujuan yakni Kampung Rambutan, Pasar Minggu, Pasar Senen, Kalideres, dan Pulogadung.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, 13.000 Pemudik Tiba di Kampung Rambutan

Selain itu, angkutan lanjutan dalam kota khusus dari bus TransJakarta juga ada yang beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 11.00 WIB. 

Sehingga masyarakat mudah mendapatkan transportasi umum untuk balik ke tujuan masing-masing dari Terminal Terpadu Pulogebang.

"Ada yang melayani ke berbagai tujuan, kalau khusus TransJakarta kita melayani rute Koridor Sembilan, yaitu Pulogebang-Kampung Melayu," ujar Hendra, seperti dikutip dari Antara

Para pemudik yang baru sampai di terminal dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan menggunakan TransJakarta ke tujuan Kampung Melayu. Kemudian dari Kampung Melayu bisa ke berbagai tujuan. 

Baca Juga: Jalur "Contraflow" Arah Jakarta Macet saat Arus Balik Lebaran, Kemacetan Capai 10 Km

Hendra juga memastikan layanan posko gabungan baik itu keamanan dan kesehatan juga tetap beroperasi untuk membantu kelancaran penumpang. 

Penumpang juga bisa beristirahat sejenak di ruang tunggu jika kelelahan karena perjalanan yang jauh.

Ia memprediksi puncak arus balik Lebaran di Terminal Terpadu Pulogebang terjadi mulai H+4 hingga tujuh hari setelah Lebaran (H+7) atau Rabu (17/4).

"Ya memang tercatat dari mulai dua hari yang lalu hingga saat ini, pemudik balik yang berangkat dari timur maupun barat, dari Sumatera atau Jawa Tengah dan Timur itu sudah mulai terlihat cukup signifikan," terangnya. 

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Tol Cipali saat Arus Balik Akibatkan 1 Penumpang Travel Tewas

Jam kedatangan bus di Terminal Terpadu Pulogebang, kata Hendra, biasanya ramai saat malam hingga pagi hari. 

"Kalau untuk pemudik reguler khususnya dari Jawa Tengah dan Jawa Timur memang rata-rata berangkat di sore hari," ungkapnya. 

"Jadi kemungkinan datang di terminal kita itu dari jam dua pagi ke atas hingga jam enam pagi. Kalau, misalkan, tidak ada kendala di perjalanan," lanjutnya.


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x