Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bukan Rebung, Siswa SMK Manfaatkan Bonggol Pisang Jadi Isian Lumpia

Kompas.tv - 15 April 2024, 11:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEMALANG, KOMPAS.TV- Bukan isian rebung, bukan pula isian daging ayam suwir, siswa SMK di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, membuat inovasi lunpia isi bonggol pisang. Dengan cekatan dua siswi SMK Negeri 1 Petarukan meracik isian lumpia bonggol pisang atau akar pohon pisang. Bonggol pisang dicampur beberapa bumbu rempah, udang, dan ayam digoreng dengan sedikit minyak.

Setelah matang isian siap digulung bersama lumpia lalu digoreng, Lumpia bonggol pisang ini merupakan bentuk kreatifitas yang ditemukan siswi SMK karena melihat limbah yang kadang dibuang.

Setelah dicoba dan mengurus izin halal serta sertifikat sehat dari dinas kesehatan, lumpia bonggol pisang kini dijual lewat media daring. Lumpia bonggol pisang juga sebagai alternatif untuk warga yang tidak suka dengan isian rebung atau bambu muda khas Semarang.

“Lunpia isi bonggol pisang, karena rasanya lebih enak dibandingkan rebung, kalau rebung baunya menyengat. Dari komentar yang sudah mencicipi, enak dibandingkan rebung. Selain bonggol pisang, ada ditambahkan udang, ayam, sama telur dan bumbu-bumbu yang lainnya,” ujar Ara Mutia Wahida, siswi.

Lumpia bonggol pisang merupakan upaya pihak sekolah agar para murid belajar berwirausaha. Selain menjual kepada warga sekolah lumpia juga dipasarkan lewat pesanan catering dan media sosial.

“Dari teksturnya ini lebih lembut, lebih enak, yang paling penting itu baunya, kalau bonggol pisang ini sama sekali nggak bau, jadi ini merupakan terobosan yang luar biasa mampu mengolah bonggol pisang yang tadinya limbah menjadi olahan yang enak. Ini sudah kita jadikan branding sekolah, jadi kedepan kita akan membuka toko e-commerce untuk menjual produk-produk sekolah,” jelas Djumiko, kepala sekolah.

Jadi jika anda penasaran dengan rasa lumpia bonggol pisang ini bisa dibeli dengan mengakses sejumlah media sosial SMK Negeri 1 Petarukan. Selain dalam bentuk matang lumpia juga dijual dengan bahan dasar mentah yang bisa digoreng kapanpun diinginkan.

#lunpia #bonggolpisang #isianlunpia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x