Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pojok Braille hingga Angkringan Buku di Perpustakaan BI Jateng

Kompas.tv - 15 April 2024, 11:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Berbeda dengan perpustaakan pada umumnya, perpustakaan milik Bank Indonesia wilayah Jawa Tengah menyediakan beragam fasilitas yang bisa dinikmati seperti pojok braille hingga angkringan buku. Perpustakaan khusus milik Bank Indonesia wilayah Jawa Tengah ini berada di Jalan Imam Bardjo Nomor 4, Pleburan, Kota Semarang.

Perpustakaan ini memiliki koleksi 11 ribu buku, mulai dari buku pengetahuan umum, sastra, pengembangan diri, hingga buku anak-anak. Karena perpustakaan khusus ini dimiliki oleh Bank Indonesia, koleksi buku di sini didominasi oleh buku-buku ekonomi, keuangan, dan bidang yang sejenis.

Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, seperti pojok untuk bersantai, tempat meja kursi untuk membaca buku, pojok kartini untuk koleksi buku perempuan, gerobak buku, hingga pojok anak.

Kerennya lagi, perpustakaan khusus ini memiliki pojok braille dimana beberapa koleksi buku dengan tulisan braille dipajang untuk bisa dibaca oleh teman-teman tunanetra.

“Beberapa fasilitas di sini mungkin tidak semuanya ada di perpustakaan-perpustakaan umum, contohnya adalah pojok braille, pojok kartini, pojok anak. Ada play ground juga. Kita juga menyediakan cafetaria mini self service, pengunjung bisa mengambil minum dan snack sendiri,” ujar Amanda, Kepala Perpustakaan Bank Indonesia Jateng.

Untuk dapat berkunjung dan menikmati fasilitas yang ada di perpustakaan khusus milik Bank Indonesia wilayah Jawa Tengah ini, pengunjung hanya perlu datang lansung tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Namun karena perpustakaan ini tergolong khusus, kunjungan hanya bisa dilakukan pada hari kerja yakni dari hari Senin hingga Jumat, mulai dari jam 08.WIB hingga jam 15.00 WIB.

#bijawatengah #semarang #perpustakaan




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x