Kompas TV regional jabodetabek

Terminal Kalideres Sediakan 50 Bus untuk Fasilitasi Pemudik yang Kehabisan Tiket

Kompas.tv - 9 April 2024, 19:46 WIB
terminal-kalideres-sediakan-50-bus-untuk-fasilitasi-pemudik-yang-kehabisan-tiket
Deretan armada bus angkutan Lebaran di Terminal Kalideres, Jakarta. (Sumber: ANTARA/ Anita Permata Dewi)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terminal Kalideres memfasilitasi para pemudik yang kehabisan tiket pada H-1 Lebaran 2024 atau Selasa, 9 April, dengan menyediakan 50 bus bantuan menuju tiga destinasi Jawa Tengah, Padang (Sumatera Barat), dan Palembang (Sumatera Selatan).

"Apabila tidak kedapatan tiket, nanti disiapkan bus bantuan. Bus bantuannya sebanyak lebih kurang 50 unit, kami siapkan untuk tujuan Sumatera, Jawa, terutama untuk tujuan favorit, Jawa Tengah, Padang, dan Palembang," kata Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (9/4/2024).

Meskipun penjualan tiket secara daring telah diberlakukan, untuk mendapatkan tiket bus bantuan ini, Revi menekankan, para pemudik harus membelinya langsung di Terminal Kalideres.

Baca Juga: Rencana Pertemuan Megawati-Prabowo, Hasto PDIP: Usai Gugatan Pilpres

Pihak Terminal Kalideres memperkirakan jumlah penumpang di terminal tersebut pada H-1 Lebaran atau 9 April 2024 hingga pukul 24.00 WIB akan mencapai sekitar 2.000 orang.

Mereka juga memperkirakan sekitar 150 bus akan mengangkut para pemudik, dengan tiga destinasi terbanyak yakni Jawa Tengah, Padang, dan Palembang.

Puncak arus mudik di Terminal Kalideres terjadi pada H-3 Lebaran atau pada Minggu (7/4) dengan jumlah pemudik mencapai 6.511 orang yang menggunakan 326 bus. Terjadi peningkatan jumlah pemudik dibandingkan dengan Lebaran tahun sebelumnya.

"Pada tahun ini ada peningkatan cukup signifikan pada Minggu kemarin sebanyak 6.511 orang. Namun, hari sebelumnya jumlahnya sama dengan puncak mudik Lebaran 2023, sebanyak 5.655," ujar Revi, dikutip dari Antara.

Dalam hal keamanan, Revi mengonfirmasi hingga saat ini, personel gabungan di posko pengamanan terpadu di Terminal Kalideres belum menerima keluhan dari pemudik terkait masalah keamanan.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Berangsur Turun


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x