Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Cegah SPBU Nakal, Pertamina Uji Takaran BBM yang Dibeli

Kompas.tv - 4 April 2024, 14:32 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPS.TV - Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT) melakukan uji tera dan densitas BBM di SPBU yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Salah satu lokasi pengujian tera dan densitas BBM yaitu di SPBU Indraprasta Kota Semarang.

Petugas tak hanya melakukan pengecekan BBM baik gasoline maupun gasoil. Namun juga melakukan pengecekan pada bagian dalam mesin dispenser SPBU. Tujuan kegiatan ini bertujuan untuk memastikan mesin dispenser masih standar dan tidak ada mesin tambahan lain yang digunakan untuk melakukan kecurangan. 

Dari hasil pengujian tera maupun densitas BBM di sejumlah SPBU, Pertamina RJBT masih belum menemukan adanya SPBU yang nakal. Pengujian ini secara periodik dilakukan setahun sekali. “Harapannya untuk memastikan bahwa kuantitas dan kualitas BBM di SPBU-SPBU khususnya di Jawa Tengah dan DIY sesuai, untuk melayani kebutuhan masyarakat untuk arus balik mudik, Lebaran 2024,” jelas Area Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Patraniaga RJBT, Brasto Galih Nugroho.

Sementara itu, pengawas SPBU Indraprasta, Hari Purwanto, mengaku senang dengan adanya pengujian tera yang dilakukan secara berkala. Kegiatan ini untuk dimaksudkan untuk meyakinkan konsumen yang membeli BBM di SPBU. “Pengecekan ini di SPBU kami dengan harapan agar konsumen lebih yakin kalau BBM di tempat kami juga setiap setahun sekali dicek dari pihak UPTD Metrologi, terus setiap satu dua bulan sekali dari pihak Pertamina juga ada pengecekan juga,” tutur Hari Purwanto.

Pengujian tera ini rutin dilakukan oleh Pertamina setiap dua bulan sekali, sedangkan dari Unit Metrologi Kota Semarang dilakukan setahun sekali.

#spbu #pertamina #bbm  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x