Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Hindari Macet, Masyarakat Diimbau Mudik Lebih Awal

Kompas.tv - 4 April 2024, 14:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Agar terhindar dari kemacetan, masyarakat diimbau untuk melakukan mudik lebih awal yakni berangkat mudik pada sepuluh hari sebelum lebaran hingga lima hari sebelum lebaran. Sebab jika berangkat mudik pada empat hari sebelum lebaran, merupakan puncak arus mudik Lebaran 2024.

Imbauan agar masyarakat melakukan mudik lebih awal di sepuluh hari sebelum lebaran dan lima hari sebelum lebaran dimaksudkan agar puncak arus mudik bisa lebih terurai. Meskipun pihak kepolisian sudah menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi kemacetan pada arus mudik-balik Lebaran 2024.

Masyarakat juga diminta untuk lebih selektif saat memilih bus wisata, sebab tak sedikit bus angkutan lebaran yang memiliki risiko tinggi karena berusia tua. Pihak kepolisian diminta melakukan ramcek untuk kendaraan wisata maupun pengemudi yang layak.

Jika masih ada temuan bus wisata yang tidak dilakukan ramcek akan diminta balik arah kembali ke tempat asal. Sedangkan untuk bus reguler wajib dilakukan ramcek.

“Presiden menyarankan, mudik itu kalau bisa H-10 sampai H-5, karena H-4 itu puncaknya. Apabila itu dilaksanakan, puncak mudik itu tidak terjadi dengan padat bahwa kakorlantas telah menyiapkan skenario itu kalau lebih ringan lebih bagus,” jelas Menteri Perubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Sementara secara lalu lintas darat menteri perhubungan menilai, persiapan di Jawa Tengah sudah baik dan tidak ada isu yang krusial. Diharapkan mudik tahun ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

#mudik #lebaran2024 #arusmudik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x