Kompas TV regional jawa timur

Turuti Wasiat, Anak di Batu Kubur Ayahnya di Dalam Rumah

Kompas.tv - 2 April 2024, 20:18 WIB
Penulis : KompasTV Malang

BATU, KOMPAS.TV - Seorang pria di Kota Batu menguburkan ayahnya yang telah meninggal dunia di dalam rumah karena menuruti wasiat mendiang ayahnya.

Kejadian tersebut terjadi di Dusun Sumbersari Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Didik Wijoyo sang anak mengaku menguburkan jenazah ayahnya di dalam kamarnya. Dari keterangan Didik, sang ayah, Kibat, meninggal dunia pada 27 Maret, almarhum yang meninggal di usia 78 tahun ini juga diketahui memiliki riwayat stroke dan asam urat.

Didik bercerita, sebelum meninggal, ayahnya berpesan agar saat meninggal kelak dikuburkan di dalam rumah saja agar tidak merepotkan. Mendengar wasiat tersebut, Didik yang tinggal berdua bersama sang ayah menuruti permintaan sang ayah dan menguburkan jenazah di dalam kamar. Didik mengaku menguburkan jenazah ayahnya seorang diri.

Lima hari setelah mengubur jenazah ayahnya, Didik merasa takut dan resah. Didik melaporkan apa yang ia lakukan pada tetangga hingga perangkat desa. Mengetahui hal tersebut, perangkat desa bersama polisi dan PMI langsung membongkar makam Kibat dan memakamkan jenazah dengan layak di pemakaman umum desa setempat.

"Sakit, sebelum meninggal sudah wasiat ke saya nanti kalo saya meninggal disuruh dikubur di rumah" Kata Didik.

Selain karena menjalankan wasiat, Didik yang dikenal tetangga sangat dekat dengan almarhum Kibat juga mengaku tidak memiliki biaya jika harus memakamkan sang ayah di pemakaman umum.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x