Kompas TV regional berita daerah

Berkah Ramadhan: Permintaan Kubah Masjid di Tegal Meningkat 100%!

Kompas.tv - 3 April 2024, 00:05 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Bulan Ramadhan membawa berkah bagi pengrajin kubah masjid di Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, karena permintaan kubah meningkat. Pengrajin kubah mengaku ada peningkatan pesanan hingga 100 persen dari hari biasanya.

 

Jika hari biasanya ada tiga pesanan masuk dalam satu bulan, namun saat bulan Ramadhan ada peningkatan hingga enam pesanan dalam satu bulan. Meningkatnya pesanan kubah masjid lantaran banyak masjid dan mushola yang diperindah dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

 

Untuk pembuatan kubah masjid ini, bisa diselesaikan dalam waktu tiga sampai tujuh hari, tergantung bentuk, motif, dan ukurannya. Untuk ukuran yang terkecil mulai satu meter hingga yang terbesar dua puluh meter.

 

Kubah dilengkapi dekorasi unik, bahkan ada yang dilengkapi kaligrafi. Bahan kubah berasal dari aluminium, galvalum, kuningan, dan tembaga. Untuk pemesanan kubah tidak hanya berasal dari Kabupaten Tegal saja, melainkan dari luar kota seperti Pemalang dan Brebes. Untuk harga bervariasi dari 800 ribu hingga 150 juta rupiah, tergantung ornamen dan bentuk kubah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x