Kompas TV regional berita daerah

Tak Kunjung Dilunasi Pemda, Akses Jalan Menuju Perkantoran Bone Bolango Ditutup Pemilik Lahan

Kompas.tv - 1 April 2024, 17:21 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

BONE BOLANGO, KOMPAS.TV - Bongkahan material batu dan bentangan baliho besar, terlihat menutupi akses jalan menuju kawasan perkantoran Kabupaten Bone Bolango.

Satu satunya akses jalan yang dapat dilalui itu terpaksa ditutup oleh pemilik lahan, karena kecewa dengan pemerintah daerah yang tak kunjung melunasi kompensasi lahan yang digunakan dalam pembuatan jalan tersebut.

Pemilik lahan mengaku, jalan yang dibangun diatas tanah seluas 1,5 hektar itu telah dibangun sejak 2005 silam.

Namun, pemilik lahan mengatakan hingga kini pemerintah daerah tak kunjung melunasi apa yang dijanjikan.

Merasa tak mendapat titik terang dan solusi, pemilik lahan bernama Asri Isa terpaksa memilih untuk menutup akses jalan menuju kawasan perkantoran tersebut.

Bahkan, pemilik lahan nekat menebang sejumlah pohon kelapa miliknya, untuk menutupi ruas jalan agar tidak bisa dilalui oleh para pegawai kantor.

Akses jalan tersebut merupakan akses menuju kantor Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Kantor Bawaslu Bone Bolango, Kantor Pengadilan Agama serta Kejaksaan Negeri Bone Bolango. 

Baca Juga: Heran Dengan Pertanyaan Yusril di Sidang MK, Refly Harun: Kok Bisa Tanya Begitu?

Akibat ditutup, para pegawai kantor setempat pun tak bisa melewati kendaraannya dan terpaksa harus berjalan kaki menuju kantornya.

Pemilik lahan menegaskan tidak akan membuka akses jalan tersebut, jika pemerintah daerah Bone Bolango tak kunjung melunasi pembebasan lahan yang telah ditunggak hingga puluhan tahun itu.

Menyikapi masalah tersebut, Bupati Bone Bolango Merlan Uloli membenarkan bahwa jalan yang dibangun sejak 2005 diatas tanah milik Asri Isa itu,belum dilunasi oleh pemerintah daerah.

Bupati Bone Bolango mengatakan, pemerintah daerah pun telah menyiapkan anggaran hingga 1 milyar rupiah untuk melunasi pembebasan lahan tersebut.

Namun pemilik lahan justru menolak dan meminta pemerintah daerah untuk membayar seluruh tanah miliknya.

Penutupan akses jalan menuju kawasan perkantoran pelayanan publik itu pun cukup disesali oleh Bupati Bone Bolango dan para pegawai kantor setempat, karena dinilai berdampak pada proses pelayanan umum pada masyarakat.

Bupati Bone Bolango pun menegaskan akan melunasi pembayaran pembebasan lahan sesuai dengan mekanisme yang ada dan akan terus melakukan upaya mediasi dengan pemilik lahan agar jalan tersebut tidak ditutup.

 

#jalanditutup

#pemdabonebolango

#pemiliklahan

#kawasanperkantoran

#bonebolango

#gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x