Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Antisipasi Banjir Demak, Disiapkan Tiga Jalur Alternatif

Kompas.tv - 2 April 2024, 11:05 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Aparat kepolisian korps lalu lintas (korlantas) telah menyiapkan berbagai skema untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik di sejumlah ruas jalan di daerah Jateng dan DIY. Skema tersebut termasuk menyiapkan tiga jalur alternatif untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir di Kabupaten Demak dan Kudus, serta daerah lain.

Pada saat pemberlakuan one way, diperkirakan sejumlah titik di pantura, jalur tengah hingga jalur selatan di Jawa Tengah akan terjadi kepadatan. Untuk mengatasi kondisi ini, telah dilakukan pemetaan dan pengelolaan guna mengantisipasi kepadatan arus di jalur tersebut. Pihak Korlantas Polri telah menyiapkan pengelolaan pada jalur tol fungsional Solo-Yogyakarta.

Sementara untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir di daerah Demak dan Kudus, pihak kepolisian daerah Jawa Tengah telah menyiapkan tiga jalur alternatif.

“Kita bisa gunakan tol Yogyakarta-Solo ini. Dipaparkan oleh Pak Kapolda, untuk antisipasi banjir daerah Demak dan Kudus di kilometer 41 sampai kilometer 45 itu yang terdampak cukup luas, Pak Kapolda sudah menyiapkan tiga jalur alternatif untuk pengalihan arus apabila terjadi banjir,” tutur Irjen Pol. Aan Suhanan, Kakorlantas Polri.

Sementara itu terkait penerapan ganjil genap akan tetap dilakukan, sebab dinilai cukup efektif mengurai kepadatan arus.

Penindakan ganjil genap tidak dilakukan secara langsung oleh jajaran kepolisian, namun melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), surat konfirmasi tilang akan dilayangkan setelah libur lebaran selesai. Pemberlakuan ganjil genap ini mulai dari titik nol Jakarta hingga kilometer 414 Kalikangkung.

#mudik #banjir #jalurtol 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x