Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Longsor, Jalan Alternatif Yogyakarta-Purworejo Terancam Putus

Kompas.tv - 1 April 2024, 16:05 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULONPROGO, KOMPAS.TV - Jalan alternatif Yogyakarta-Purworejo, di Pedukuhan Tukharjo, Kalurahan Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, longsor pasca diguyur hujan deras pada Kamis (28/03/2024) sore kemarin. Akibatnya, jalan sepanjang sembilan meter terbawa longsor dengan kedalaman sekitar 12 meter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama tim relawan, langsung memasang garis polisi di lokasi kejadian, agar tak membahayakan pengguna jalan yang melintas. Pasalnya, di sepanjang 50 meter jalan juga terdapat retakan yang dapat berpotensi terjadi longsor susulan.

Akibat kejadian ini, pengguna jalan harus bergantian melintas, karena sebagian jalan masih ditutup garis polisi dan menunggu hingga ada perbaikan dari dinas terkait.

“Ini sudah yang ketiga kalinya, paling parah ya ini. Jalur ini termasuk sejarah itu yang dari Kulonprogo Utara ini termasuk jalan utama dari Dekso, Samigalih, Purworejo. Nah setelah ada jalan ke rel itu, lalu lintas memang sangat padat yang dari Jogja ke Purworejo, termasuk salah satu jalur alternatif untuk yang sektor utara,” jelas Joko Martono, warga.

Selain jalan alternatif Yogyakarta–Purworejo, akibat hujan deras yang terjadi juga menyebabkan jembatan penghubung di desa ini juga nyaris roboh. Akibat derasnya arus banjir, salah satu tiang penyangga jembatan patah dan kondisinya sudah miring terlepas dari pondasi.

Warga berharap, dinas terkait segera melakukan perbaikan pada jalan yang longsor serta Jembatan Tukharjo, agar tidak jatuh korban.

#jalanalternatif #hujan #longsor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x